Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

2+ Cara Membuka Rekening Mandiri dengan Benar (VALID)

Bagaimana cara membuka rekening Mandiri? Apakah kita bisa membuka rekening Mandiri tanpa harus datang ke kantor cabang? Apa sajakah yang dibutuhkan untuk membuka rekening Mandiri pertama kali?

Menjawab beberapa pertayaan diatas, mungkin hal ini juga kerap kali ditanyakan oleh orang orang yang baru saja hendak membuka rekening untuk kebutuhan pribadi, atau bahkan kebutuhan perusahaan. 

Yaps, karena tentunya kita semua tau ya, jika saat ini memiliki rekening adalah hal yang memang dibutuhkan untuk memudahkan segala jenis transaksi keuangan kita.

Dengan adanya rekening, kita bisa melakukan pengiriman uang atau transfer ke antar bank ataupun ke lain bank, melakukan pembayaran virtual account ketika berbelanja online, melakukan pembayaran tagihan, atau juga beragam jenis transaksi keuangan lainnya.

Itulah mengapa, gak heran jika saat ini orang orang sudah lebih memilih untuk melakukan transaksi keuangan dengan cara digital atau metode transfer, karena memang terbilang lebih aman dan juga mennghindari pengguna mengalami kerugian akibat kejahatan ketika membawa uang cash terlalu banyak.

Nah, salah satu layanan bank yang saat ini sangat diminati oleh masyarakat adalah Bank Mandiri. Bank yang sudah melayani nasabah indonesia selama bertahun tahun ini, memang memiliki beragam fitur yang semakin tahun semakin berkembang.

Jika dulu mungkin kamu hanya bisa sebatas membuka rekening dan juga menggunakan kartu atm untuk melakukan penarikan tunai dan juga transfer, sekarang kamu sudah bisa menggunakan layanan setor tunai, untuk kemudian uang tersebut masuk ke rekening yang terdaftar.

Dan gak cuma itu aja, di era digitalisasi saat ini, kemudahan transaksi keuangan dari Mandiri sudah semakin maju, salah satunya, kamu bisa menggunakan layanan internet banking Mandiri dan juga mobile banking Mandiri yang mana memudahkan kamu ketika ingin melakukan transfer.

Karena biasanya, untuk transfer, pembayaran, dan pembelian lewat rekening, biasanya kita harus mengunjungi kantor cabang Mandiri atau bahkan mesin ATM. Namun dengan internet banking dan mobile banking, kamu bisa melakukannya secara instant baik dari rumah saja menggunakan smartphone kalian.

Cara Membuka Rekening Mandiri

Cara Membuka Rekening Mandiri
membuka rekening Mandiri

Walaupun begitu, nyatanya tidak semua calon nasabah atau orang orang memahami tentang cara membuat rekening Mandiri untuk pertama kalinya. Biasanya, hal ini sendiri dikarenakan kurangnya informasi yang beredar, sehingga tidak semua orang mengetahuinya.

Padahal, untuk cara nya terbilang sangat mudah kok. Setidaknya ada 2 metode yang bisa kamu gunakan disini.

Cara Membuka Rekening Mandiri lewat Online

Cara pertama adalah dengan menggunakan cara online. Dimana, dengan cara ini kamu tidak perlu mengantri ke kantor cabang, melainkan bisa melalui smartphone kalian dan dilakukan dimana saja dan kapan saja. Caranya

Langkah1: Download Aplikasi Livin by Mandiri

Yang pertama adalah kamu harus terlebih dahulu mendownload aplikasi livin by Mandiri, yang mana aplikasi ini merupakan aplikasi mobile banking terbaru dari Mandiri, yang memiliki interface, dan fitur yang semakin update tentunya.

Untuk mendapatkan aplikasinya, kamu bisa mengunduhnya melalui play store untuk pengguna android, dan juga app store untuk pengguna iPhone. Oh iya, logo yang paling baru dari livin by Mandiri berwarna kuning ya. Bukan berwarna biru.

Langkah2: Lakukan Registrasi/Pendaftaran

Setelah mendownload atau menginstall aplikasi livin by Mandiri, langkah selanjutnya adalah kamu bisa melakukan registrasi atau pendaftaran dengan mengklik pada opsi buka rekening Mandiri pada bagian awal atau layar home screen dari livin by Mandiri.

Nah, ketika melakukan pendaftaran biasanya kamu akan diminta untuk mengisi seluruh data data yang dibutuhkan. Mulai dari mengisi data diri, nomor handphone, email, dan juga PIN untuk mobile banking serta ATM yang akan kamu buat nantinya.

Kemudian kamu akan diminta untuk memilih jenis kartu ATM yang hendak digunakan. Oh iya, biasanya di tiap jenis kartu yang ditawarkan pihak Mandiri, biasanya terdapat ketentuan baik dari jumlah saldo ditahan, sampai biaya admin bulanan yang berlaku.

Jadi, pastikan kamu memilih jenis kartu ATM yang sesuai dengan kebutuhanmu ya.

Langkah3: Aktivasi Kartu ATM dan Mobile Banking

Setelah selesai, kamu bisa melakukan validasi data dengan melakukan panggilan video call dengan staff customer service, yang mana akan mencocokkan data yang kamu masukkan didalam pendaftaran rekening tadi.

Kemudian jika sudah, maka langkah selanjutnya adalah kamu bisa melakukan aktivasi kartu dengan cara melakukan setoran awal dengan metode transfer dari rekening lain ke nomor rekening Mandiri yang kamu gunakan, dan kamu bisa melakukan aktivasi pada mobile banking dengan mengirimkan pesan dari nomor handphone yang kamu daftarkan.

Untuk prosess aktivasi mobile banking, kamu harus memiliki pulsa setidaknya 10.000 untuk melakukan validasi. Dan nantinya, kamu akan bisa membuat user id, dan password untuk login ke mobile banking atau livin by Mandiri.

Langkah4: Kunjungi Kantor Cabang Mandiri Terdekat

Dan langkah terakhir dari semua step yang sudah dilakukan tadi, adalah kamu bisa mengunjungi kantor cabang Mandiri terdekat untuk mengambil kartu ATM dalam bentuk fisik, dan juga buku tabungan atau buku rekening Mandiri yang kamu buat secara online tadi.

Untuk pengambilan kartu dan buku tabungan tidak akan dikenakan biaya. Namun, mungkin akan berbeda di tiap tiap daerah yang berlaku. Jadi, sesuaikan saja ya.

Cara Membuka Rekening Mandiri lewat Kantor Cabang

Kemudian untuk cara yang kedua, jika mungkin kamu tidak memiliki smartphone, kamu juga bisa mengunjungi kantor cabang bank Mandiri untuk membuat rekening baru dengan mempersiapkan beberapa hal penting yang harus diperhatikan. Dan untuk caranya.

Langkah1: Siapkan Data Data yang Dibutuhkan

Langkah pertama adalah sudah jelas, kamu harus mempersiapkan beberapa dokumen untuk membuat rekening mandiri pertama kamu. Dan untuk itu, sekiranya ada beberapa hal penting dari data data yang harus kamu bawa. Seperti

  • Kartu Identitas seperti KTP, SIM, atau Paspor (salah satu)
  • NPWP (jika ada)
  • Slip Gaji (jika ada)
  • Uang Tunai 500.000 untuk setoran awal

Nah, untuk beberapa berkas atau dokumen seperti NPWP, kamu bisa menyusul jika belum punya, atau juga menggunakan resi NPWP apabila kamu baru mendaftar NPWP secara online.

Langkah2: Kunjungi Kantor Cabang Mandiri Terdekat

Jika sudah mempersiapkan semuanya, kamu bisa langsung menuju ke kantor cabang Mandiri terdekat dan langsung ke bagian petugas untuk kemudian diarahkan ke loket dan mengambil nomor antrian

Langkah3: Isi Formulir Pendaftaran

Setelah nomor antrianmu tiba, kamu bisa menuju loket yang tertera pada tiket antri tadi, dan katakan jika kamu hendak melakukan pembukaan rekening pertama kali. Disini, biasanya kamu akan diminta untuk mengisi formulir pendafataran atau pembukaan rekening pertama kali.

Kamu juga bisa langsung menyerahkan seluruh data data dari data diri, untuk kemudian di scan dan disimpan dalam database Bank Mandiri.

Langkah4: Lakukan Setoran Awal

Setelah itu, kamu akan langsung menerima kartu ATM, beserta buku tabungan Mandiri, dan untuk melakukan setoran pertama, kamu bisa mengunjungi mesin setor tunai Mandiri yang biasanya ada didekat kantor cabang.

Dan selamat, kamu sudah berhasil membuka rekening Mandiri pertama kamu.

Nah itulah tadi beberapa cara membuka rekening Mandiri yang bisa kamu gunakan. Gimana? Mana cara yang menurutmu paling mudah? Semoga bermanfaat.