3+ Cara Membuka Pola HP Samsung yang Paling Benar

caracekonline.net | Sebagai pengguna HP Samsung, mungkin cara membuka pola HP Samsung yang lupa memang kadang kala menjadi pertanyaan yang banyak sekali diajukan oleh para pengguna. Terlebih, jika mereka sangat membutuhkan aksess untuk masuk kedalam ponsel mereka yang terkunci dengan pola atau pattern.

Karena biasanya memang kunci keamanan pada ponsel kerap menjadi hal penting bagi para pengguna smartphone. Biasanya, hal ini tak lepas dari bagaimana mereka mengamankan ponsel dari tangan tangan jahil orang orang yang mungkin saja tak sengaja meminjam atau menemukan ponsle kalian.

Untuk itulah, para pembuat smartphone menggunakan sistem keamanan yang beragam. Mulai dari password, pin, dan juga pattern. Nah, dengan kode keamanan ini, tentunya para pengguna lain tidak bisa sembarangan meminjam ponsel kamu, karena mereka tidak mengetahui password ataupun kode keamanan ponsel kalian.

Tapi sayangnya, walaupun memang hal ini sangat dianjurkan dan baik untuk para pengguna smartphone, nyatanya masih saja loh ada pengguna yang kadang kala mengalami kondisi dimana mereka lupa pola pada ponsel mereka. Biasanya juga, hal ini disebabkan oleh beberapa hal, seperti

  • Terlalu banyak menggonta ganti jenis kode keamanan ponsel
  • Menggunakan kombinasi pattern atau pola yang sulit diingat
  • Tak mengingat pola pertama yang dibuat
  • dan masih banyak lagi

Dan jika hal ini terjadi, tak menutup kemungkinan jika kamu harus melakukan factory reset. Dan jika sudah melakukan factory reset pada ponsel, tentunya kamu akan kehilangan semua data data yang ada di smartphone kalian.

Bahkan gak sampai situ aja. Selain kehilangan data, jika kamu tidak mengingat pola hp pada smartphone yang kamu gunakan, maka kamu tidak dapat melakukan backup data yang penting sebab kamu tidak dapat masuk kedalam menu home screen dari ponsel kalian.

Akhirnya, cara terakhir yang bisa dilakukan adalah mungkin mengunjungi service center atau bahkan tempat service yang berupa konter hp untuk mengatasi hal ini. Dan tentunya, hal ini akan membuat kamu mengeluarkan sejumlah uang untuk melakukan perbaikan pada hp yang lupa pola.

Cara Membuka Pola HP Samsung

Cara Membuka Pola HP Samsung
membuka pola HP Samsung

Padahal, ada cara yang bisa kamu gunakan ketika mungkin kamu sebagai pengguna hp samsung, lupa dengan pola hp yang kamu gunakan, dan kamu ingin membuka smartphone kalian. Dan untuk itulah, pada artikel kali ini kita akan membahas sekiranya ada beberapa cara membuka pola hp samsung yang lupa, agar bisa kembali digunakan. Seperti

Cara Membuka Pola HP Samsung dengan Find my Mobile

Cara pertama yang bisa kamu lakukan adalah dengan menggunakan fitur find my mobile yang bisa kamu aksess baik dari perangkat lain, ataupun dari komputer dan juga laptop. Fitur ini kerap digunakan untuk smartphone merk samsung, untuk alternatif dalam mengatasi pola hp yang lupa. Caranya

  • Kamu bisa meminjam ponsel temanmu, atau menggunakan komputer dan laptop kalian
  • Setelah itu buka browser dan kunjungi situs Find my Mobile di laman https://findmymobile.samsung.com/
  • Jika sudah, kamu bisa mengklik pada tombol sign in atau masuk
  • Kemudian kamu bisa login seperti biasa menggunakan Samsung Account yang mana harusnya sudah kamu buat ketika membeli ponsel samsung untuk pertama kali
  • Lalu, kamu bisa melihat daftar device/perangkat yang terhubung dengan akun samsung tadi
  • Klik pada device yang terkunci, dan pilih pada opsi unlock/buka kunci
  • Tunggu sampai prosessnya selesai, dan kamu bisa melakukan restart, dan mencoba kembali masuk ke hp kalian

Nantinya, ponselmu akan menerima notifikasi dan klik saja pada pilihan YES, untuk kemudian pola kunci kamu terbuka, dan kamu bisa membuat kembali lock screen pattern, atau mengganti jenis lock screen sesuai keinginanmu.

Cara Membuka Pola HP Samsung lewat Android Device Manager

Kemudian untuk cara yang kedua, kamu bisa menggunakan bantuan Android Device Manager, yang sejatinya fitur ini bisa diaksess di seluruh jenis smartphone yang menggunakan operating system Android. Dan cara ini juga bisa kok kamu gunakan untuk mengatasi smartphone Samsung yang lupa pola. Caranya

  • Silakan kunjungi situs Android Device Manager di laman https://www.google.com/android/find
  • Setelah itu, kamu bisa langsung login dengan menggunakan akun google yang terdapat di hp samsung yang lupa pola tadi
  • Kemudian setelah login, kamu akan melihat 3 menu yang bisa kamu gunakan, ada bunyikan ponsel selama 5 menit, kunci perangkat, dan hapus perangkat
  • Nah, untuk membuka pola hp yang lupa, kamu bisa menggunakan fitur kunci perangkat
  • Setelah itu, kamu akan diminta untuk memasukkan password baru pada perangkat yang kamu klik kunci tadi
  • Lalu jika sudah, kamu bisa langsung mengecek ponselmu, dan login menggunakan password / pattern baru yang sudah kamu buat di Android Device Manager tadi

Jika kamu menggunakan lebih dari 1 email pada hp samsung yang lupa pola tadi, kamu bisa memilih salah satu email yang ada, selama masih berada didalam hp samsung kamu. Jadi, hal ini tidak terbatas pada satu email saja.

Cara Membuka Pola HP Samsung dengan ADB atau Android Debug Bridge

Kemudian untuk cara yang ketiga, kamu bisa menggunakan bantuan fitur ADB atau Android Debug Bridge, yang biasanya digunakan para pengguna ponsel untuk melakukan root ataupun tweaking pada ponsel mereka.

Untuk penggunaannya juga gampang banget kok.

  • Siapkan kabel data, komputer, ataupun laptop dan juga hp samsung yang lupa pola tadi
  • Jika sudah, hubungkan hp kalian ke komputer ataupun laptop seperti biasa, dan pastikan hp kalian terdetek di komputer atau laptop
  • Setelah itu kamu bisa mendownload Minimal ADB untuk Samsung melalui laman pencarian Google
  • Install dan jalankan Minimal ADB seperti biasa
  • Setelah command prompt atau CMD dari Minimal ADB terbuka, kamu bisa langsung mengetikkan perintah adb shell rm /data/system/gesture.key
  • Terakhir, tekan enter dan tunggu sampai prosesnya selesai dan jangan lupa untuk me-restart perangkat kalian
  • Setelah prosess restart selesai, kamu bisa langsung membuka hp samsung kamu seperti biasa tanpa menggunakan pola lagi. Dan kamu bisa membuat pola baru, melalui pengaturan ponsel.

Perlu diingat ya sob, untuk menggunakan cara ketiga ini, pastikan dulu kamu sudah pernah menghidupkan layanan USB Debugging, untuk perangkat atau hp samsung kalian. Karena, jika kamu belum pernah mengaktifkan layanan ini, maka kemungkinan ponsel samsung kalian tidak akan terdeteksi pada komputer, laptop, ataupun Minimal ADB.

Dan itulah tadi beberapa cara membuka pola hp samsung yang bisa kamu coba. Sedikit tips dari mimin jika sudah berhasil masuk kedalam hp yang lupa pola tadi, kamu bisa menggunakan kombinasi password, pin, ataupun pattern yang sekiranya mudah untuk kamu ingat.

Pastikan juga kamu tidak terlalu menggunakan kombinasi password, pin, atau pattern yang terlalu berkelumit, untuk menghindari hal hal buruk seperti lupa pola ini terjadi lagi. Semoga bermanfaat.

Faiz Dawami
Faiz Dawami Hai! Nama saya Faiz Dawami, saya adalah seorang penulis, dan juga seorang pengurus dari banyak Blog yang saya miliki, salah satunya adalah Jadi Tau. Semoga apa apa yang saya tulis di Blog saya, bisa berkenan untuk kalian ya!