3+ Cara Membuka Pola HP Oppo yang Paling Benar

caracekonline.net | Bagaimana cara membuka pola hp oppo? Apakah ada cara mudah untuk membuka pola hp oppo yang lupa? Bagaimana step by step yang bisa dilakukan untuk membuka pola hp oppo yang sudah salah berkali kali?

Bicara tentang smartphone dan juga pola atau pattern, tentunya mimin yakin semua pengguna ponsel sekarang ini sudah tak lagi asing dengan metode pengamanan pada ponsel yang satu ini. Dengan menggunakan pattern atau pola, tentunya hal ini bisa menjadi sebuah cara dimana ponsel tidak mudah di aksess oleh siapa saja, karena terkunci dengan kode keamanan yang hanya diketahui oleh si pemilik ponsel.

Karena memang, keamanan ponsel sendiri sangat penting dan menjadi salah satu cara untuk menjaga privasi pada ponsel yang kita gunakan, agar tidak ada tangan tangan jahil yang mungkin saja melihat isi pesan whatsapp, mengaksess instagram, atau bahkan beragam aplikasi lain yang ada di smartphone kita.

Tentunya untuk saat ini juga sudah hampir semua jenis smartphone sudah memiliki sistem keamanan yang berupa pola atau pattern. Mulai dari xiaomi, vivo, samsung, dan juga salah satunya adalah Oppo.

Tentu mimin juga yakin teman teman sudah gak asing lagi dengan ponsel Oppo. Dimana ponsel yang satu ini memang dikenal dengan kualitas kameranya yang tidak perlu diragukan lagi. Selain itu, harga dari ponsel oppo juga masih masuk dalam kategori terjangkau, dengan segala fitur yang tersedia didalamnya.

Oppo sendiri memang menjadi salah satu ponsel di Indonesia yang cukup laris di pasaran. Sebab, baik dari seri pertama Oppo sampai ke versi paling barunya, memang selalu menawarkan fitur fitur yang menarik untuk para penggunanya.

Maka gak heran jika saat ini kita bakal menemukan remaja remaja bahkan sampai orang tua sudah menggunakan smartphone dengan beragam jenis dan merk, termasuk Oppo itu sendiri.

Namun permasalahannya adalah, kadang kala ada saja pengguna yang mungkin mengalami kondisi dimana mereka lupa password ataupun lupa pola pattern dari ponsel mereka sendiri. Biasanya, hal ini sendiri terjadi akibat mungkin mereka terlalu menggunakan pola atau pattern yang agak sulit untuk ditebak, namun alhasil malah menjadi boomerang sendiri.

Dan kalau hal ini terjadi, tentunya kamu gak boleh sembarangan menggunakan pola atau pattern untuk men-unlock ponselmu. Karena biasanya, ketika kamu sudah memasukkan kode atau pola yang salah sebanyak batas atau limit yang diberikan (rata-rata 5 - 10 kali), maka kemungkinan ponsel kamu akan terkunci, dan baru bisa diaksess lagi dalam 30 - 60 menit kedepan.

Cara Membuka Pola HP Oppo

Cara Membuka Pola HP Oppo
membuka pola HP Oppo

Oleh sebab itulah, jika mungkin kamu mengalami permasalahan yang sama seperti diatas tadi mimin menyarankan kamu untuk menggunakan beberapa cara membuka pola HP Oppo yang bisa menjadi alternatif ketika kamu lupa dengan pola pada ponsel yang kamu gunakan.

Cara Membuka Pola HP Oppo dengan Forgot Password

Langkah pertama yang menurut mimin paling mudah dan juga paling banyak digunakan adalah dengan menggunakan forgot password. Dimana, cara ini sendiri merupakan cara ketika pengguna lupa akan password ataupun pola pada ponsel Oppo mereka. Caranya

  • Nyalakan ponsel kamu sampai masuk kedalam menu lock screen untuk memasukkan pola
  • Setelah itu, kamu bisa mencoba untuk memasukkan pola yang salah sebanyak 3 kali saja, dan jangan lebih
  • Tunggu sampai muncul opsi lupa password/forget pattern 
  • Lalu klik pada opsi tersebut
  • Nantinya, kamu akan dihadapkan dengan 2 opsi, yakni dengan mengisikan kredensial atau identitas akun Gmail yang ada di smartphone kalian, atau menjawab pertanyaan rahasia yang mungkin sudah kamu buat sebelumnya.
  • Setelah itu, jika akun Gmail atau akun Google yang kamu masukkan adalah benar, maka ponselmu yang terkunci tadi akan berhasil terbuka, dan kamu bisa masuk kedalam home screen dari ponsel kalian.

Sedikit catatan, untuk kamu yang ingin menggunakan cara pertama ini pastikan dulu kamu mengetahui email pertama yang kamu masukkan di smartphone oppo ketika baru pertama kali membeli ponsel. Karena biasanya, ada pengguna yang memiliki lebih dari 1 email didalam ponsel mereka.

Cara Membuka Pola HP Oppo dengan Panggilan Telpon

Kemudian untuk cara yang kedua, teman teman juga bisa menggunakan cara lainnya yang mana kamu akan menggunakan ponsel milik temanmu, untuk melakukan panggilan suara. Caranya

  • Pastikan ponsel kamu dalam keadaan hidup dan jangan lupa untuk mematikan mobile data, dan memiliki sinyal yang baik
  • Setelah itu mintalah temanmu untuk melakukan panggilan ke ponselmu yang mengalami lupa pola atau pattern tadi
  • Tunggu beberapa saat sampai panggilan terhubung
  • Ketika panggilan terhubung dan muncul layar di ponsel oppo mu, segerlah tekan tombol home lalu masuk ke settings  dan hidupkan mobile data / internet
  • Nantinya, secara otomatis kamu akan diminta untuk memasukkan akun google yang ada di smartphone oppo kamu yang lupa pola tadi
  • Setelah berhasil, maka secara otomatis ponsel oppomu akan ter-unlock seperti biasa.

Jika sudah, maka langkah terakhir yang perlu kamu lakukan adalah masuk kembali ke bagian pengaturan, lalu hapus pola atau pattern atau juga lock screen yang aktif. Agar bisa digunakan seperti biasa jika memungkinkan.

Cara Membuka Pola HP Oppo dengan Factory Reset

Kemudian untuk cara yang selanjutnya adalah dengan menggunakan factory reset atau reset pabrik. Namun, kembali lagi mimin ingatkan kepada kalian jika factory reset untuk menghilangkan pola, akan menghapus keseluruhan data kalian.

Jadi, ketika kamu hendak menggunakan cara ini, mimin sangat menyarankan kalian untuk membackup data yang penting terlebih dahulu. Jika tidak, nantinya semua data akan hilang dan tidak dapat dikembalikan.

Lantas bagaimana cara menggunakan factory reset untuk mengatasi pola hp oppo yang lupa?

  • Pertama tama, kamu harus melakukan shut down pada ponsel kamu
  • Setelah itu tungu beberapa detik sampai ponsel benar benar ter-shutdown
  • Jika sudah, kamu bisa masuk ke recovery mode dengan cara menekan tombol power + volume up 
  • Tunggu beberapa saat sampai kamu diarahkan ke recovery mode dari HP Oppo
  • Pada menu Recovery Mode, kamu bisa memilih menu Delete All Users dengan menekan tombol volume up untuk keatas, volume down untuk kebawah, dan tombol power untuk ok
  • Terakhir, kamu tinggal menunggu prosess resetnya selesai yang mana akan memakan waktu sekitar 1 - 2 menit.

Dan setelah prosess dari reset atau factory resetnya selesai, maka kamu akan diarahkan ke laman awal atau laman login seperti biasa, dengan memasukkan email google aktif dan smartphone kalian sudah kembali seperti pertama kali membeli.

Nah, itulah tadi beberapa cara membuka pola hp oppo yang bisa kamu gunakan. Silakan gunakan salah satu cara yang menurutmu paling mudah, selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Faiz Dawami
Faiz Dawami Hai! Nama saya Faiz Dawami, saya adalah seorang penulis, dan juga seorang pengurus dari banyak Blog yang saya miliki, salah satunya adalah Jadi Tau. Semoga apa apa yang saya tulis di Blog saya, bisa berkenan untuk kalian ya!