8+ Cara Memasukan Voucher Wifi di HP yang Paling Benar

www.caracekonline.net || Kamu ingin menggunakan wifi di HP tapi masih bingung caranya? Nah, bagi kamu yang ingin berselancar internet melalui layanan Wifi-id milik Telkom tentu kamuhasrus berlangganan data terlebih dahulu. Untuk oembelian data kuota kamu bisa melalui voucher maupun pulsa kartu seluler yang sudah di dukung pihak wifi-id. Untuk itu artikel ini akan menjelaskan bagaimana cara memasukan voucher wifi di HP. 

Taukah kamu bawah wifi id sebenarnya merupakan layanan data internet milik perusahaan komunikasi di bawah naungan Telkom Indonesia loh, dimana dalam fitur yang ditawarkan oleh perusahana tersebut mempunyai kecepatan data yang bisa mencapai 100Mbps. Meskipun dalam kenyataannya jarang sekali yang mendapatkan kecepatan super seperti yang dijanjikan oleh pihak Telkom.

Kecepatan data juga bisa tergantung dan dipengaruhi oleh beberapa sebab seperti kepadatan orang di dalam satu jaringan Router atau bisa disebabkan oleh keadaan jaringan di tempat tersebut. Jadi jangan heran bila kamu di satu tempat bisa mendapatkan transfer data yang tergolong cepat namun di tempat lainnya wifi-id tidak secepat yang telah diiklankan.

Saat ini banyak sekali sinyal hostpot wifi id yang bisa dimanfaatkan oleh konsumen data internet menjadi wifi-id sebagai salah satu alternatif koneksi data selain dari smartphone, modem ataupun layanan data kabel. 

Telkom cukup pintar untuk hal ini yang mana si Telkom selalu menanamkan SSID wifi-id di router pelanggan internet speedy rumahan, nah itulah yang menjadikan sinyal wifi-id bisa dinikmati di berbagai tempat. 

Maka di penjelasan kali ini sengaja memang memberikan cara memasukan voucher wifi-id yang bisa digesek. Voucher wifi-id bisa di dapatkan di gerai-gerai Telkom atau wifi corner dan juga bisa didapat di berbagai resto atau cafe bahkan hingga alfamart yang menjajakan kartu gesek wifi-id dengan nominal minimal dua ribu rupiah.

Nah, bagi kamu pengguna wifi-id melalui HP namun belum tau bagaimana cara memasukan voucher wifi di HP silahkan simka caranya sebagai berikut.

Cara Memasukan Voucher Wifi di HP 

Cara Memasukan Voucher Wifi di HP
Memasukkan Voucher WiFi di HP

Untuk login wifi-id dengan voucher, pertama kali yang harus kamu lakukan adalah membeli voucher terlebih dahulu. Voucher wifi-id sendiri tersedia berbagai pilihan seperti harian, mingguan dan bulanan. Jadi kamu bisa tinggal pilih sesuai dengan kebutuhanmu. Untuk cara memasukan voucher wifi-id di HP kamu bisa ikuti langkah-langkah sebagai berikut:
  • Pertama, beli voucher wifi-id terlebih dahulu. Kamu bisa datang langsung ke stand nya wifi id corner atau bisa ke minimarket terdekat seperti Alfamart
  • Kemudian kamu bisa lngsung gosok voucher wifi-id untuk mengetahui username dan juga password
  • Lalu kamu bisa buka HP dan nyalakan wifinya
  • Selanjutnya kamu bisa menghubungkan dengan cara klik connect jaringan wifi-id seperti menghubungkan dengan wifi seperti biasa
  • Jika kamu menggunakan HP, maka setelah diklik jaringannya nanti akan aa notifikasi untuk masuk ke jaringan di bagian atas layar
  • Setelah itu maka kamu bisa ikuti saja
  • Nah, yang terakhir kamu akan masuk ke laman Welcome Wifi Id dan kamu akan disuruh untuk memasukan username dan password yang ada di voucher tersebut lalu kamu bisa klik tombol login
  • Tunggu sebentar hingga koneksinya sudah terhubung dan siap untuk berselancar di internet dengan sesuka hati kamu
Nah setelah mengetahui cara memasukan voucher wifi-id di HP alangkah baiknya jika kamu juga mengetahui cara memasukan wifi-id corner dengan pulsa. Jadi kamu bisa memilih dengan berbagai cara ini. 

Cara Memasukan Wifi-id dengan Pulsa

Selain dengan menggunakan voucher kamu juga bisa loh memeasukan wifi dengan hanya pakai pulsa, berikut caranya.
  • Pertama, siapkan terlebih dahulu minimal pulsa 50000 rupiah saja
  • kemudian kamu bisa ketik pesan dengan format: NET (spasi) Nominal pembelian lalu kirim ke 98108 
  • Contoh: NET (spasi) 20000 kirim ke 98108
  • Selanjutnya nanti ada balasan dari pihak wifi-id yang berisi username dan juga password yang akan kita pakai nanti
  • Nah setelah punya username dan juga password kamu tinggal hubungkan dengan wifi-id dengan cara seperti cara memasukan voucher wifi di HP yang ada diatas.
Dengan itu menggunakan jaringan wifi ternyata memberikan kenyamanan bagi kita semua ya, lalu apa saja kelebihan dan kekurangan menggunakan jaringan wifi? Simak berikut.

Kelebihan Menggunakan WiFi

  • Kelebihan pertama yaitu pada proses instalasinya yang sangat mudah, karen kita tidak perlu untuk membeli alat dan bahan seperti yang dibutuhkan untuk instalasi jaringan kabel. Jaringan berkabel membutuhkan banyak kabel UTP sebagai media transferanya belum lagi jika diharuskan untuk memasangkan konektor RJ-45 secara manual ke kabel. Maka dengan itu cukup memasang hardware seperti Acces Point ataupun MiFi Mobile WiFi tentu jelas lebih murah, lebih muda, dan lebih simple memakai jaringan wifi.
  • Kedua, compatible untuk berbagai jenis perangkat. Saat ini jaringan wifi tidak hanya bisa diakses oleh perangkat tertentu seperti PC atau Laptop, tetapi dapat juga diakses melalui samrtphone, android, tablet dan juga HP yang memili akses terjadap jaringan wireless.
  • Ketiga, bisa digunakan dimana saja tanpa batasan tempat. Jadi pengguna dapat berpindah tempat dari satu ke tempat yang lain. Mereka memiliki sedikti kebebasan dibandingkan menggunkana jaringan kabel yang mengharuskan sebuah host terpaku di satu titik. Bahkan jaringan wifi juga sengaja terpasang si tempat-tempat yang ramai dikunjungi orang, seperti kafe, tempat refreshing, hotel, dan lain-lain. Karena tidak seperti jaringan kabel, jaringan wifi tidak terlalu banyak menghabiskan arus listrik.
  • Keempat, jangkaunnya luas. Jaringan wifi memiliki cakupan yang luas meskipun memiliki batasan tetapi selama tersambung dengan hostpotnya, tidak jadi masalah. 

Kekurangan Menggunakan WiFi

Ada kelebihan pasti juga ada kekurangan, ibarat ada rasa manis ada juga rasa pahit. Begitulah di dunia ini tidak ada yang sempurnya. Beberapa kekurangannya tidak terlepas dari kelebihan yang sudah dijelaskan di atas.
  • Kekurangan yang pertama ialah kemanan yang kurang. Kenapa hal itu bisa terjadi? Karena jaringan yang bersifat publik, sehingga siapa saja bisa masuk. Bahayanya adalah bisa saja dimasuki pelh pengguna yang mrmiliki kepentingan negatis dan ini tidak seperti jaringan kabel yang terlindungi jaringannya dengan koneksi khusus menggunakan kabel. Meskipun jaringan wifi dapat diperkuat dengan password yang sudah dipasang tetapi tidak menutup kemungkinan adanya orang yang tidak bertanggung jawab yang telah membocorkan password atau diretas oleh orang yang tidak dikenal.
  • Kedua adalah batasan jarak. Untuk masalah ini, jika sinyal kita berada jauh dengan sumber koneksi maka ini bisa diakibatkan oleh pergerakan kita yang bebas dengan sumber wifinya. maka dari itu, pertimbangkanlah jarak yang sesuai atau bisa-bisa tidak mendapat koneksi kembali.
  • Ketiga, kelemahan sata transfer data besar. Jadi jaringan ini tidak seperti jaringan kabel, jaringan wifi tidak cocok digunakan untuk transfer data berukuran besar. berbeda dengan jaringan kabel yang support terhadap data besar dengan kecepatan yang besar pula.
Nah itu lah penjelasan cara memasukan voucher wifi di HP serta memeberikan penjelasan sedikit menegenai beberapa kelebihan dan kekurangan pada wifi, maka setelah mengetahui penjelasan diatas kamu bisa memanfaat kan wifi sebaik mungkin dengan menggunakan beberapa cara-cara diatas.
Semoga artikel ini bermanfaat ya, terima kasih.