Cara Cek Tagihan Listrik PLN yang Termudah

Artikel terkait : Cara Cek Tagihan Listrik PLN yang Termudah

Cara Cek Tagihan Listrik PLN | Seperti yang sudah diketahui oleh semua orang jika listrik merupakan kebutuhan yang utama dan sangat penting bagi setiap rumah tangga. Bisa kita bayangkan jika tidak ada listrik, pasti hidup ini akan terasa hampa. Karena hampir seluruh barang yang ada saat ini menggunakan listrik sebagai energi utamanya. Listrik yang kita pakai setiap hari ini secara resmi dimiliki oleh sebuah BUMN yang bernama PLN (Perusahaan Listrik Negara). PLN merupakan perusahaan milik pemerintah yang mengurusi segala aspek kelistrikan yang ada di Indonesia. Dengan kata lain semua listrik yang ada di Indonesia saat ini diurusi oleh PLN.


Kita saat ini bisa dengan mudah menikmati listrik untuk keperluan kita sehari-hari. Namun untuk bisa menikmati itu semua kita juga harus membayar beban tagihan listrik setiap bulannya kepada PLN. Maka dari itu, jika kita berhemat dalam pemakaian listrik, maka akan sedikit biaya tagihan yang harus kita bayarkan, dan sebaliknya jika kita berlebihan dalam pemakaian listrik maka semakin besar pula biaya yang harus kita bayarkan.

Maka dari itu anda perlu mengetahui besarnya biaya tagihan listrik yang harus anda bayarkan setiap bulannya. Hal ini perlu anda lakukan agar bisa melakukan pengontrolan terhadap pemakaian listrik, sehingga biaya yang dikeluarkan bisa diantisipasi. Untuk saat ini, pihak PLN sudah menyiapkan dua metode yang bisa anda gunakan untuk melakukan pengecekan tagihan listrik tiap bulannya. Adapun dua metode tersebut akan dibahas pada ulasan berikut ini.

Cara Cek Tagihan Listrik PLN


Cek Tagihan Listrik PLN lewat Online

Untuk cara yang pertama anda harus mengunjungi situs resmi PLN di http://pln.co.id. Langkah selanjutnya anda perhatikan pada bagian kanan tengah dari website tersebut, dimana akan terdapat form layanan online. Kemudian masukkan No. ID pelanggan anda pada form kecil tersebut, No. ID pelanggan sendiri bisa anda lihat pada kotak meteran atau bisa juga di sikring listrik yang berisi 12 digit angka. Jika sudah anda isi, langkah selanjutnya adalah tekan tombol “Cek”. Maka kemudian akan muncul informasi mengenai tagihan listrik yang harus anda bayar pada bulan tersebut. Anda juga bisa melihat besar tagihan listrik pada bulan-bulan sebelumnya dengn cara menyunting pada bagian bulan dan tahun kemudian klik “Cari”.

Cek tagihan listrik PLN lewat SMS

Cara kedua yakni cek melalui SMS dan cara ini terbilang cukup mudah untuk anda lakukan, cara cek melalui SMS sendiri terdapat dua cara yakni,
  • 1. Hanya ingin cek pada bulan tertentu saja, caranya yaitu mengirim SMS dengan format REK (spasi) No. ID pelanggan kemudian kirim ke 8123
  • 2. Jika anda ingin berlangganan untuk mendapat pemberitahuan total biaya tagihan tiap bulannya, maka anda harus mengirim SMS dengan format PLN (spasi) ON (spasi) No. ID pelanggan kemudian kirim ke 8123.
Cara cek tagihan listrik melalui SMS tersebut hanya berlaku bagi pengguna kartu Telkomsel, Indosat, dan Mobile 8. Serta anda akan dikenakan tarif sebesar Rp. 500,-/ SMS.

Nah itulah beberapa cara untuk cek tagihan listrik PLN. Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda. Selamat mencoba.

Artikel Cara Cek Online Lainnya :

Copyright © 2015 Cara Cek Online .