8+ Cara Cek Windows 32/64 Bit dengan Benar (Update)

Cara Cek Windows - Caracekonline.net | Pada sistem operasi komputer maupun laptop jumlah bit yang terdapat pada processor menandakan ukuran data yang bisa dikirim dan juga kapasitas registry yang akan berfungsi untuk menyimpan informasi pada komputer maupun laptop. Sehingga 1 bit akan memiliki dua nilai komputasi yakni 1 dan 0.

Suatu processor 64 bit akan mampu memuat hingga 256 komputasi sedangkan processor 32 bit hanya mampu memuat 64 komputasi atau 4 kali lebih kecil dari pada procssor 64 bit. Penggunaan processor 32 bit dan juga 64 bit akan memengaruhi dalam penentuan sistem operasi (OS) yang akan diguankan.

Selain itu, besaran bit pada sistem operasi juga akan sangat berguna bagi anda yang akan melakukan upgrade komputer ataupun laptop. Sebagai contoh, jika anda akan memperbesar kapasitas RAM maka anda harus terlebih dahulu mengetahui berapakah bit Windows yang telah terinstal.

Karena sistem operasi pada Windows 32 bit tak akan sanggup untuk mengenali RAM yang memiliki kapasitas lebih dari 4 GB. Selain itu anda juga harus mengetahui besaran bit pada sistem operasi ketika anda hendak melakukan instalasi baik itu program maupun game.

Karena ada sebagian program dan game yang hanya diperuntukkan bagi windows yang memiliki besaran bit tertentu. Begitu pula dengan driver hardware, driver windows 32 bit tentunya tidak akan berfungsi jika digunakan di windows 64 bit.

Oleh sebab itu, cara cek besaran bit pada sistem operasi terutama Windows sangat penting untuk anda ketahui. Namun untuk saat ini masih banyak para pengguna komputer maupun laptop yang belum mengetahui bagaimana cara cek besaran bit pada Windows.

Akan tetapi bagi anda yang belum mengetahui tidak perlu kebingungan, karena disini saya akan berbagi sedikit tips untuk cek besaran bit pada Windows komputer maupun laptop anda.

Cara Cek Windows

Cara Cek Windows
Img by: Freepik.com

Cek Windows 10

Langkah awal, berguna untuk kamu yang menggunakan windows 10 dan ingin mengetahui versi windows 32 bit atau 64 bit yang saat ini digunakan. Maka, cara yang bisa dilakukan ada dua yakni:

1. via Shortcut

Langsung saja, caranya begini:
  • Hidupkan PC/Laptop kamu.
  • Setelah hidup dan sudah berada di posisi standby, langsung saja tekan tombol di keyboard Windows dan X secara bersamaan.
  • Setelah muncul menu baru, maka pilih "System".
  • Scroll ke bawah, dan di bagian "System type" akan terlihat apakah 32 bit atau 64 bit windows yang kamu pakai saat ini.

2. via Explore

Cara kedua bisa lewat Explore File Manager. Langkah-langkahnya:
  • Hidupkan PC/Laptop kamu.
  • Masuk File Manager, tekan tombol keyboard Windows dan E secara bersamaan.
  • Klik kanan pada This PC atau My Computer.
  • Muncul menu baru, pilih dan klik menu Properties.
  • Lihat di bagian "System type" akan terlihat apakah 32 bit atau 64 bit windows yang kamu pakai saat ini.

Cek Windows 8

Jika anda pengguna Windows 8, langkah pertama yang harus anda lakukan adalah memilih menu “Power User”. Lalu klik tombol keyboard Windows + X untuk mengakses menu. Kemudian tekan menu “System”, cari dan klik “System Type”. Kemudian akan muncul informasi tentang besaran bit pada Windows anda, apakah 32 bit atau 64 bit.

Untuk Windows 8 dan 8.1, caranya sama saja seperti pada Windows 10. Jadi sesuaikan saja ya!

Cek Windows 7 dan Windows Vista

Bagi para pengguna Windows 7 maupun Vista, anda tekan tombol Windows+R pada keyboard secara bersamaan. Kemudian ketikkan “dxdiag” (tanpa tanda petik) dan tekan “Ok” atau Enter pada keyboard. Maka anda akan mengetahui besaran bit Windows dengan istilah Operating System

Cek Windows XP

Untuk Windows XP caranya berbeda lagi, klik tombol “Start” dan selanjutnya klik kanan pada menu “My Computer”. Setelah itu anda klik pada menu “Properties” dan pilih tabmenu “General”. Setelah masuk di tabmenu General, cek daftar yang terdapat di dalam menu “System”. Maka anda akan mengetahui berapa bitkah Windows XP yang terinstal.

Cek Windows dengan Sistem Properties

Cara pertama dan paling mudah adalah dengan menggunakan sistem properties yang bisa kamu akses langsung dari laptop. Sistem properties sendiri adalah menu yang akan menampilkan seluruh informasi mengenai spesifikasi sistem komputer yang digunakan.

Langkah awal yaitu buka Windows Explorer dengan cara klik kanan pada tombol Start kemudian pilih menu Open Windows Explorer pada pilihan paling bawah. Setelah itu silakan klik kanan pada Opsi This PC kemudian pilih Properties, tunggu hingga informasi ditampilkan ke layar laptop. Informasi seperti versi Operating Sistem dan informasi lain seperti RAM dan Processor akan ditampilkan secara otomatis.

Cek Versi Komputer dengan DXDIAG

Selain dengan Properties, kamu juga bisa melihat versi Operating Sistem menggunakan DXDIAG bawaan komputermu. 

Langkah pertama yaitu dengan menekan tombol keyboard Windows + R secara bersamaan dan tunggu hingga jendela Run muncul di layar.

Silakan isikan DXDIAG pada kolom tersedia kemudian pilih Ok. Seluruh informasi yang kamu butuhkan seperti jenis Operating Sistem akan ditampilkan lebih mendetail daripada menggunakan Properties.

Melihat Operating System menggunakan Command Prompt (CMD)

Kamu juga bisa menggunakan Command Prompt untuk mengecek operating system yang sedang dipakai lho! Caranya adalah dengan menekan tombol Windows dan R secara bersamaan kemudian ketikkan CMD lalu klik Ok.

Akan terbuka jendela baru yaitu jendela Command Prompt yang latarnya berwarna hitam. Silakan ketikkan perintah ver kemudian Enter, versi Operating Sistem yang sedang kamu gunakan akan ditampilkan di layar.

Cek Windows Menggunakan Aplikasi Speccy

Cara keempat dan paling terakhir yaitu dengan memanfaatkan aplikasi pihak ketiga Speccy. Aplikasi Speecy ini bisa kamu unduh secara gratis dan mudah di situs resminya, silakan unduh dan pasang terlebih dahulu di laptopmu. 

Jika sudah terpasang silakan buka aplikasinya dan pilih menu Operating Sistem, tunggu hingga informasi yang kamu minta ditampilkan ke layar.

Nah itulah sedikit tips dari saya mengenai cara cek Windows 32 bit ataukah 64 bit. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk anda dan selamat mencoba.

Rekomendasi Editor : 

Cara Cek Laptop Baru
Cara Cek Laptop Bekas
Cara Cek MAC Address Pada Laptop
Cara Cek Backlink Blog / Website
Cara Cek Driver Komputer
Cara Cek Flash Player
Cara Cek Harddisk Bad Sector
Cara Cek Windows 32 Bit atau 64 Bit
Penulis Handal
Penulis Handal Masih miskin ilmu, namun masih bersemangat mencari ilmu. Masih miskin pengetahuan, namun masih bersemangat mencari pengetahuan.