Cara Cek SK Sertifikasi Guru dengan Mudah

Artikel terkait : Cara Cek SK Sertifikasi Guru dengan Mudah

Cara Cek SK Sertifikasi Guru | Guru merupakan sosok yang memiliki peranan yang sangat penting dalam dunia pendidikan serta memiliki peran dan tugas yang sangatlah mulia. Karena sangat mulianya tugas guru, maka guru disebut sebagai pahlawan tanpa tanda jasa. Selain sebagai tenaga pengajar, guru juga bertugas untuk mendidik dan membangun karakter siswa-siswinya di sekolah. Sebagai seseorang yang mimiliki tugas untuk mengajar sekaligus mendidik maka guru harus memiliki sebuah kompetensi guru profesional. Kompetensi tersebut meliputi kompetensi kepribadian, pedagogik, sosial, serta kompetensi profesional. Karena keempat hal tersebut wajib untuk dimiliki seorang guru, karena dengan empat hal tersebut akan menentukan sukses atau tidaknya dia dalam mengajar atau membangun karakter siswa-siswiya disekolah.


Guru memang mengemban tugas yang cukup berat bukan hanya mengajar akan tetapi juga mendidik para murid-muridnya, dan ini merupakan tanggung jawab yang besar dari seorang guru sehingga harus diperhatikan oleh pemerintah. Untuk saat ini pemerintah sudah memberikan beberapa tunjangan profesi guru, ini merupakan wujud kepedulian pemerintah terhadap kesejahteraan para guru. Dengan tunjungan ini pemerintah juga berharap agar para guru bisa semakin meningkatkan kualitasnya dalam mengajar dan mendidik para muridnya. Sehingga bisa menghasilkan para generasi penerus bangsa yang memiliki kepribadian yang kuat serta otak yang cerdas.

Untuk para guru yang mengalami kesulitan dalam hal pengecekan SK Tunjangan Profesi (SKTP), SKTP Tunjangan kualifikasi, SKTP Tunjangan fungsional ataupun SKTP tunjangan khusus yang dikeluarkan oleh Dijen Dikdas untuk tahun 2015, maka bisa menyimak beberapa ulasan berikut ini.

Cara Cek SK Sertifikasi Guru


1. Siapkan terlebih dahulu Nomor Urut Pendidik dan Tenaka Kependidikan (NUPTK) untuk mengetahui SK Tunjangan Profesi Guru sudah diterbitkan ataukah belum.

2. Pilih salah satu link berikut untuk bisa masuk di portal resmi cek SKTP
3. Jika anda berhasil mengakses salah satu link tersebut maka akan muncul halaman login dengan memasukkan user ID dan password. Ketikkan NUPTK di dalam kolom user ID sementara untuk passsword anda tinggal masukkan tanggal lahir lengkap dari PTK. Dimana format penulisan tanggal lahir untuk password adalah YYYMMDD.
Sebagai contoh: Jika seorang guru lahir pada tanggal 23 Februari 1985, maka format penulisan passwordnya adalah 19850223.
Sementara untuk para guru yang sudah memperoleh NIP baru maka bisa menggunakan 8 angka awal dari NIP untuk passwordnya.

4. Setelah mengisikan User ID dan Password, selanjutnya anda harus memasukkan kode verifikasi yang muncul pada layar, dapat berupa huruf, anga, ataupun kombinasi dari keduanya. Jika anda kesulitan dalam membaca kode verifikasi maka anda bisa menekan tombol refresh untuk bisa memunculkan kode verifikasi yang lainnya. Setelah itu baru klik “Submit”.

5. Setelah berhasil login, kemudian cek pada bagian “Tunjangan Guru”, selanjutnya klik pada “Tunjangan Profesi”.
Sebelumnya : Cara Cek MAC Address Pada Laptop
Nah itualah tips yang bisa saya berikan untuk cek SK Sertifikasi guru. Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda. Selamat mencoba.

Artikel Cara Cek Online Lainnya :

Copyright © 2015 Cara Cek Online .