Cara Cek Laporan BOS Online dengan Mudah

Artikel terkait : Cara Cek Laporan BOS Online dengan Mudah

Cara Cek Laporan BOS Online | BOS atau Bantuan Operasional Sekolah adalah suatu program dari pemerintah khususnya Dinas Pendidikan Nasional untuk mendukung program wajib belajar selama 9 tahun serta untuk membantu meringankan beban wali murid dalam membiayai pendidikan putra-putri mereka. Program BOS ini sendiri sudah berlangsung mulai dari tahun 2009 dan masih terus berlangsung hingga saat ini. Dana dari program BOS ini nantinya akan diberikan kesemua sekolah mulai dari jenjang SD hingga SMP.


Pada awal mulanya pemberian dana BOS secara langsung diberikan oleh pemerintah pusat, namun semenjak tahun 2012 prosedur tersebut berubah sehingga pemberian dana BOS melalui propinsi. Meskipun sudah melalui propinsi namun pemberian dana BOS juga memerlukan laporan pertanggung jawaban yang nantinya akan dikirim ke pusat. Pada awal program ini berlangsung, laporan pertanggung jawaban dananya masih dibuat secara manual namun saat ini Kemendikbud sudah menyiapkan aplikasi online yang bisa mempermudah dalam pembuatan laporan.

Saat ini masyarakat luas juga bisa melihat laporan melalui aplikasi tersebut. Dengan hal ini maka masyarakat juga bisa turut mengawasi penggunaan dana BOS guna mencegah terjadinya penyelewengan. Oleh sebab itu cara cek laporan BOS online sangatlah perlu untuk anda ketahui. 

Cara Cek Laporan BOS Online

Cara ceknya sendiri juga sangat mudah dan juga bisa dilakukan setiap saat. Untuk mengetahui lebih lanjut silahkan simak langkah-langkah yang berikut ini.

  • 1. Langkah pertama yang harus anda lakukan yakni mengunjungi situs resmi dari Kemendikbut yang dikhususkan untuk program BOS dialamat www.bos.kemdikbud.go.id
  • 2. Setelah halaman terbuka langkah selanjutnya yakni klik menu “Penggunaan Dana per Komponen” yang terletak di kolom sebelah kiri website. Ketika sudah anda klik maka akan muncul halaman rekap penggunaan dana BOS secara nasional pada tahun 2015. Rekap penggunaan dana BOS sendiri terdiri dari 13 komponen yang terbagi dalam triwulan I, Triwulan II, Triwulan II, dan juga Triwulan IV.
  • 3. Jika anda hanya ingin mengetahui salah satu instasi sekolah maka anda bisa menggunakan filter dengan cara mengisi nama propinsi, kabupaten, jenjang, status, sekolah, dan tahun di kolom yang sudah tersedia.
  • 4. Setelah anda selesai mengisi data tersebut, selanjutnya anda bisa memilih tombol “Download” atau “Filter”. Jika anda ingin mengetahui laporan rekapitulasi pemanfaat dana BOS oleh sekolah anda maka anda harus menekan tombol “Download”. Sedangkan jika ingin mengetahui laporan dana BOS dari sekolah anda apakah sudah terinput ataukah belum anda bisa menekan tombo “Filter”. Jika belum tersedia maka sekolah anda belum memasukkan laporan dana BOS atau bisa jadi salah dalam menginputkan datanya.
Baca :
Nah itulah beberapa tips untuk cek laporan penggunaan dana BOS secara online, mudah bukan ?. Semoga artikel ini bermanfaat untuk para pembaca dan trima kasih sudah mengunjungi website kami.

Artikel Cara Cek Online Lainnya :

Copyright © 2015 Cara Cek Online .