[Update] Cara Cek HP Nokia Asli dengan Benar

Cara Cek HP NokiaCaracekonline.net | Saat ini perkembangan teknologi sangatlah pesat, terutama dalam dunia telepon seluler atau yang biasa disebut hp. Perkembangan tersebut berdampak dengan semakin banyaknya produsen dan merk hp saat ini. Semenjak hp menjadi sesuatu yang wajib dimiliki oleh setiap orang, maka saat ini semakin menambah banyaknya merk hp yang muncul dipasaran.


Mulai dari produsen hp atau ponsel yang sudah terkenal sejak zaman dahulu sampai produsen ponsel baru yang kebanyakan memproduksi ponsel China yang terkenal memiliki harga yang murah. Dalam sejarah sudah tercatat beberapa produsen ponsel raksasa yang terkenal dari zaman dahulu dan produknya juga masih banyak diminati masyarakat hingga saat ini, salah satu produsen ponsel tersebut adalah Nokia.

Nokia merupakan salah satu merk ponsel atau hp yang sudah memiliki nama besar dan terkenal sejak zaman dahulu. Sebelum munculnya ponsel pintar atau smartphone, Nokia adalah salah satu produsen hp yang menguasai pasar di seluruh negara pada saat itu. Hingga kini Nokia juga masih tetap memiliki nama besar sebagai salah satu produsen hp didunia meskipun sudah tidak setenar dahulu. Nokia sebagai salah satu raksasa produsen hp hingga kini sudah memiliki banyak tipe dan model hp yang menjadi produk andalannya. Dari hp jaman dahulu hingga produk terbaru keluarga Lumia menjadi salah satu bukti kebesaran nama Nokia di dunia ponsel.

Seiring dengan perkembangan teknologi dan kebesaran nama Nokia, ada beberapa pihak yang memanfaatkan hal tersebut untuk meraup keuntungan yakni dengan cara menipu. Penipuan yang dilakukan beberapa pihak tersebut dengan cara membuat ponsel Nokia replika atau palsu dengan penampilan yang hampir mirip seperti produk yang asli, namun secara kualitas berbeda jau. Maka dari itu perlu ketelitian untuk para konsumen agar tidak tertipu dengan membeli produk yang palsu.

Untuk menghindari hal tersebut terjadi, anda perlu mengetahui bagaimana cara cek hp Nokia antara yang asli dengan yang palsu. Ada beberapa cara yang bisa anda coba diantaranya adalah sebagai berikut.

Cara Cek HP Nokia

Cek HP Nokia Asli

Untuk mengetahui keaslian HP Nokia, ada beberapa metode yang bisa digunakan. Diantaranya yaitu:

1. Cermati OS yang Digunakan

Jika anda sudah penah memiliki hp Nokia yang asli, tentunya anda akan bisa merasakan perbedaan antara operating sistem Nokia yang asli dengan yang palsu. Biasanya Nokia palsu akan memakai operating sistem buatan China.

2. Cermati Baterai yang Dipakai

Jika anda amati, produk yang asli mempunyai stiker hologram 3 dimensi dari Nokia yang tertempel pada bagian baterai. Pada Nokia palsu, stiker yang digunakan akan terlihat buram dan tidak sebagus stiker yang asli.

3. Cek dengan Menggunakan Nomor IMEI

Untuk cara yang terakhir ini cukup mudah untuk anda coba, anda tinggal menekan *#06# kemudian akan muncul nomer IMEI dari produk tersebut. Jika tidak muncul nomor IMEI maka kemungkinan produk tersebut palsu.

Cek Tipe HP Nokia

Bagi kamu pengguna HP Nokia yang mungkin lupa tipe ponsel yang kamu pakai saat ini, bisa cek lagi dengan beberapa metode pilihan berikut ini.

1. Cek Dosbook

Metode paling utama, adalah dengan bantuan dosbook (wadah ponsel). Ini berlaku untuk ponsel Nokia jadul ataupun smartphone Nokia masa kini. 

Kamu bisa cek bagian depan dos, belakang dos ataupun sekeliling dosbook untuk dapat tau tipe HP nokia yang sedang kamu pakai sekarang.

2. Cek Belakang Baterai

Jika ponsel Nokia kamu masih pakai baterai yang bisa dilepas (removable), maka bukalah tutup belakang ponselmu. Ambil baterainya, maka kamu bisa tahu tipe/mode HP Nokia melalui tulisan yang ada di baterai tersebut.

Metode ini bukan hanya berlaku bagi pengguna HP Nokia jadul saja, tp pengguna smartphone Nokia juga bisa asal masih pakai baterai removable.

3. Cek Lewat Pengaturan

Metode selanjutnya, ini berlaku bagi pengguna smartphone Nokia. Untuk mengetahui Tipe HP Nokia kamu bisa langsung masuk ke menu Pengaturan. Lalu pilih menu Tentang Perangkat. Kemudian kamu akan langsung tahu tipe ponsel Nokia milikmu.

4. Cek Pakai Kode Rahasia

Pakai kode rahasia pun bisa lho mengecek tipe HP Nokia. Ini berlaku untuk semua ponsel Nokia ya. 

Caranya: 
  • Buka menu Telepon atau Dialpad
  • Masukkan atau ketik kode *#0000#
  • Lalu tekan tombol Panggil atau Call
  • Tipe HP Nokia yang kamu pakai akan langsung ditampilkan beserta status lainnya.

5. Cek Via Aplikasi CPU-Z

Selanjutnya, pakai aplikasi bernama CPU-Z. Dimana metode cek tipe HP Nokia berikut ini hanya bisa dilakukan oleh pengguna smartphone Nokia. Jika ponsel Nokiamu jadul, silahkan pilih metode lainnya untuk cek tipe HP kamu.

Nah, cara cek tipe HP Nokia melalui aplikasi CPU-Z ini yakni harus punya aplikasinya dulu. Kamu bisa download dan install aplikasi CPU-Z melalui Google Play Store atau langsung klik https://play.google.com/store/apps/details?id=com.cpuid.cpu_z.

6. Cek Via IMEI

Metode terakhir, kamu bisa tahu tipe HP Nokia dengan cek IMEI. Begini caranya:
Nah itulah beberapa tips dari saya mengenai cara cek hp Nokia. Semoga artikel ini bermanfaat dan selamat mencoba.

Rekomendasi Editor: 

Cara Cek Dead Pixel Android
Cara Cek HP Nokia Asli
Penulis Handal
Penulis Handal Masih miskin ilmu, namun masih bersemangat mencari ilmu. Masih miskin pengetahuan, namun masih bersemangat mencari pengetahuan.