4+ Cara Cek Hardisk yang Paling Benar

Cara Cek HardiskCaracekonline.net | Mungkin dari kalian ada yang sudah mengetahui jika ada beberapa bagian penting yang ada pada laptop maupun komputer. Salah satu komponen tersebut adalah hardisk, mengapa sangat penting ?. Karena hardisk adalah komponen untuk menyimpan sistem operasi, dan dengan sistem operasi lah laptop ataupun komputer bisa kita gunakan.

Selain sebagai tempat penyimpanan sistem operasi, hardsik juga bisa digunakan untuk menyimpan file-file yang kita miliki.

Namun bila hardisk yang terpasang pada lptop maupun komputer tersebut mengalami kerusakan maka semua data akan hilang tanpa bisa kita selamatkan, tidak hanya itu kita juga tidak bisa menggunakan laptop lagi karena sudah tidak memiliki sistem operasi.

Untuk mencegah hal tersebut terjadi, maka kamu perlu melakukan pengecekan hardisk secara rutin dan berkala. Untuk mengetahui cara cek tersebut saya akan membahasnya pada ulasan berikutnya.

Dengan kamu mengetahui kondisi hardisk tersebut pasti akan lebih berhati-hati dalam menyimpan atau mengisi data ke dalam hardisk. Untuk mencegah kamu kehilangan data yang ada di hardisk kamu juga bisa membackup data tersebut dengan mengunggahnya ke internet.

Hardisk yang akan mengalami kerusakan biasanya akan memunculkan tanda-tanda yang diantaranya adalah proses booting yang lama serta komputer menjadi lambat. Jika beberapa indikasi tersebut sudah muncul maka kamu harus segera melakukan pengecekan terhadap kondisi hardisk laptop ataupun komputer kamu.

Sementara untuk melakukan pengecekan sendiri terdapat banyak cara yakni dengan menggunakan software ataupun secara manual.

Nah pada ulasan berikut ini saya akan sedikit berbagi tips mengenai cara cek hardisk yang mengalami bad sector.

Cara Cek Hardisk

Cara Cek Hard Disk
Img by: Freepik.com

Cara Cek Hardisk Rusak atau Tidak

Kamu bisa langsung tau hardisk di PC/laptop kamu itu sudah bad sector bisa dengan kode kode ceria lewat cmd (Command Prompt). Begini cara mudah mengetahui hardisk rusak atau tidak:
  • Langsung saja tekan tombol Windows + R pada keyboard, lalu ketikkan cmd.
  • Setelah pop up menu CMD muncul, langsung saja ketikkan chkdsk dilanjutkan dengan tekan tombol Enter pada keyboard kamu.
  • Tunggu saja sampai proses pengecekan selesai.
  • Cek di bagian Resume. Lihat jumlah bad sector pada ... in bad sectors. Bila 0 menandakan hardisk kamu bersih dari bad sector.
Nah, itu tadi cara cek hardisk secara keseluruhan. Kamu juga bisa cek hardisk per part, misalnya ingin mengecek pada drive c:/ bisa dengan perintah cmd chkdsk c:. Sama halnya jika ingin drive d: berarti pakai perintah chkdsk d: dan seterusnya.

Cara Cek Hardisk PC/Laptop

Nah, ada juga cara mengecek hardisk pc atau laptop lainnya yaitu dengan bantuan aplikasi. Nama aplikasinya adalah Hardisk Sentinel. Cara pakainya begini:
  • Download dulu aplikasi/software Hard Disk Sentinel di https://www.hdsentinel.com.
  • Setelah terdownload, langsung saja install aplikasinya.
  • Setelah aplikasi terinstal, buka dan jalankan aplikasi/software Hardisk Sentinel.
  • Di tampilan utama, lihat di bagian Health dan Performance. Jika masih 100% maka kondisi hardisk laptop/pc kamu masih dalam keadaan aman. Namun jika dibawah 50% bisa dipastikan kesehatan hardisk kamu sudah lemah dan bisa terbilang bad sector.
  • Kamu juga bisa klik sub menu S.M.A.R.T. untuk mengetahui info hardisk kamu lebih detailnya.
  • Hardisk kamu akan ditandai dengan ceklist warna hijau jika kondisinya sehat (baik-baik saja). Namun, jika terdapat tanda-tanda rusak maka akan ditandai dengan tanda seru warna kuning atau bahkan biasanya juga bisa warna merah.

Cara Cek Hardisk Bad Sector

Terakhir, kamu bisa mengetahui apakah kondisi hardisk PC atau laptop yang kamu gunakan sudah bad sector atau masih sehat dengan bantuan Explorer bawaan windows. Caranya:
  • Buka saja Windows Explorer, bisa tekan tombol Windows + E di keyboard atau bisa juga klik kanan menu Start > File Explore.
  • Setelah masuk Windows Explorer, klik kanan pada disk yang ingin dicek. Lanjutkan dengan memilih menu Properties
  • Lanjut, pilih sub menu Tools.
  • Kemudian klik Check Now pada bagian Error Checking.
  • Sebuah kotak dialog kecil akan muncul dengan dua pilihan yang harus dipilih. Ceklis kedua opsi tersebut apabila kamu ingin mengecek dan memperbaiki bad sector secara keseluruhan. Tapi, jika kamu ingin mengeceknya saja, maka cukup ceklis opsi yang pertama.
  • Terakhir, klik tombol Start untuk memulai proses pengecekan dan perbaikan.
Perlu diketahui bahwa, proses pengecekan dan perbaikan ini akan berlangsung lama. Tergantung dengan kapasitas hardisk masing-masing seberapa banyak data yang terpakai.

Jika ada soft bad sector, maka Disk Check akan memperbaikinya untuk dapat digunakan lagi. Namun jika ada masalah bad sector yang lebih kompleks, maka Windows akan kembali menjalankan Disk Check secara otomatis saat PC/laptop kamu dihidupkan.

Cara Memperbaiki Hardisk Rusak/Bad Sector

Tak hanya mengeceknya, kamu pun bisa memperbaiki sendiri hardisk yang rusak hanya dengan langkah sederhana yang sangat mudah. Caranya:
  • Buka CMD, tekan Windows + R lanjutkan ketik cmd. 
  • Setelah cmd terbuka, ketikkan perintah chkdsk/f C:
  • Lanjutkan tekan Enter pada keyboard.
  • Informasi pengecekan serta perbaikan bad sector akan ditampilkan. 
  • Setelah itu kamu pun bisa cek dan perbaiki disk D, E, F, dan lainnya. Caranya sama saja, namun perintahnya diganti dengan: 
chkdsk/f D:
chkdsk/f E:
chkdsk/f F:
dan seterusnya.
Setelah diperbaiki, kamu bisa langsung restart PC/laptop kamu. Ketika proses booting, biarkan sistem melakukan perbaikan bad sector secara otomatis. Tugasmu, tinggal menunggu saja.

Dengan mengetahu informasi mengenai cara cek hardisk tentunya kamu dapat lebih menjaga kondisi hardisk laptop ataupun komputer kamu. Mengingat hardisk adalah salah satu hal komponen terpenting, maka sering-seringlah kamu melakukan pengecekan terhadap hardisk kamu. Semoga bermanfaat.

Rekomendasi Editor : 

Cara Cek Laptop Baru
Cara Cek Laptop Bekas
Cara Cek MAC Address Pada Laptop
Cara Cek Backlink Blog / Website
Cara Cek Driver Komputer
Cara Cek Flash Player
Cara Cek Harddisk Bad Sector
Cara Cek Windows 32 Bit atau 64 Bit
Penulis Handal
Penulis Handal Masih miskin ilmu, namun masih bersemangat mencari ilmu. Masih miskin pengetahuan, namun masih bersemangat mencari pengetahuan.