Cara Cek Harddisk Bad Sector dengan Mudah

Artikel terkait : Cara Cek Harddisk Bad Sector dengan Mudah

Cara Cek Harddisk | Mungkin dari kalian ada yang sudah mengetahui jika ada beberapa bagian penting yang ada pada laptop maupun komputer. Salah satu komponen tersebut adalah harddisk, mengapa sangat penting ?. Karena harddisk adalah komponen untuk menyimpan sistem operasi, dan dengan sistem operasi lah laptop ataupun komputer bisa kita gunakan. Selain sebagai tempat penyimpanan sistem operasi, harddsik juga bisa digunakan untuk menyimpan file-file yang kita miliki.


Namun bila harddisk yang terpasang pada lptop maupun komputer tersebut mengalami kerusakan maka semua data akan hilang tanpa bisa kita selamatkan, tidak hanya itu kita juga tidak bisa menggunakan laptop lagi karena sudah tidak memiliki sistem operasi. Untuk mencegah hal tersebut terjadi, maka anda perlu melakukan pengecekan harddisk secara rutin dan berkala. Untuk mengetahui cara cek tersebut saya akan membahasnya pada ulasan berikutnya.

Dengan anda mengetahui kondisi harddisk tersebut pasti akan lebih berhati-hati dalam menyimpan atau mengisi data ke dalam harddisk. Untuk mencegah anda kehilangan data yang ada di harddisk anda juga bisa membackup data tersebut dengan mengunggahnya ke internet. Harddisk yang akan mengalami kerusakan biasanya akan memunculkan tanda-tanda yang diantaranya adalah proses booting yang lama serta komputer menjadi lambat. Jika beberapa indikasi tersebut sudah muncul maka anda harus segera melakukan pengecekan terhadap kondisi harddsik laptop ataupun komputer anda. Sementara untuk melakukan pengecekan sendiri terdapat banyak cara yakni dengan menggunakan software ataupun secara manual.

Nah pada ulasan berikut ini saya akan sedikit berbagi tips mengenai cara cek harddisk yang mengalami bad sector.

Cara Cek Harddisk


1. Cek Memakai CHKDSK

Langkah pertama untuk cara ini adalah anda harus membuka Command Prompt dengan cara menekan tombol windows + R pada keyboard setelah itu ketikkan “cmd” dan kemudian tekan enter. Setelah Command Prompt terbuka selanjutnya anda tinggal mengetikkan CHKDSK kemudian enter.

2. Cek Tanpa Software

Untuk cara yang kedua ini langkah pertamanya adalah klik menu My Computer setelah itu klik kanan pada partisi harddisk yang akan diperiksa selanjutnya pilih Properties. Setelah semua sudah anda lakukan langkah selanjutnya adalah klik Tabs Tool dan pilih Check Now yang terdapat pada form Error-Checking. Untuk lama waktu yang diperlukan dalam pengecekan harddisk sendiri tergantung dari kondisi harddsik, besar file dan folder, RAM, dan processsor yang digunakan.

3. Cek Menggunakan Software

Banyak software yang tersedia untuk melakukan pengecekan harddisk laptop maupun komputer. Salah satu software yang banyak digunakan adalah CrystaliskDiskInfo. Softwrae ini disamping melakukan pengecekan terhadap harddisk juga bisa memperlihatkan informasi yang lainnya semisal volume harddisk, besaran RPM, suhu, dan juga firmware yang digunakan.
Dengan mengetahu informasi mengenai cara cek harddisk tentunya anda dapat lebih menjaga kondisi harddisk laptop ataupun komputer anda. Mengingat harddisk adalah salah satu hal komponen terpenting, maka sering-seringlah anda melakukan pengecekan terhadap harddisk anda. Semoga bermanfaat.

Artikel Cara Cek Online Lainnya :

Copyright © 2015 Cara Cek Online .