3+ Cara Cek Dead Pixel Android yang Paling Benar

Cara Cek Dead Pixel Android, mungkin diantara kita masih ada yang bertanya-tanya, apakah Daed Pixel itu ?, Dead Pixel atau yang sering disebut Dot Pixel adalah suatu gangguan yang seringkali menyerang layar LCD smartphone. 

Gangguan ini biasanya disebabkan oleh rusaknya dibeberapa titik (pixel) pada sebuah layar karena benturan keras, ponsel sering jatuh, ataupun terkena percikan air. Pada umumnya kerusakan ini sangat sulit untuk diperbaiki secara teknis, namun tidak ada salahnya jika kamu melakukan pengecekan Dead Pixel pada layar smartphone milik kamu. 

Hal ini juga bisa kamu lakukan sebagai bentuk pencegahan agar tidak terjadi kerusakan yang lebih parah lagi.

Cara Cek Dead Pixel Android dengan Cepat

Pada dasarnya Dead Pixel tidak hanya terjadi pada layar smartphone saja, akan tetapi juga bisa terjadi pada kamera digital, notebook, televisi, laptop, DVD Portabel, mp4 dan yang lainnya. 

Sebelum saya membahas lebih jauh tentang cara cek dead pixel ada baiknya jika terlebih dahulu kamu mengetahui beberapa sifat dari Dead Pixel itu sendiri yang diantaranya adala sebagai berikut
1. Antara satu dead pixel dengan dead pixel yang lainnya tidak saling terhubung.
2. Dead pixel tidak menyebarkan defect pada pixel layar yang lainnya, atau bisa dikatakan tidak memiliki sifat yang menular.
3. Karena pixel mempunyai ukuran yang tetap, maka jika terjadi gangguan kemungkinan besar tidak akan meluas.
Setelah kamu mengetahui beberapa sifat dari Dead Pixel, maka pada pembahasan berikut ini akan saya sajikan beberapa cara cek Dead Pixel yang bisa kamu lakukan.

Cara Cek Dead Pixel Android

1. Cek Dead Pixel Menggunakan Kode Rahasia

Untuk cara yang pertama kamu bisa menggunakan kode rahasia untuk pengecekan Dead Pixel. Tidak hanya itu saja, menu ini juga mampu memeriksa semua kondisi hardware pada smartphone termasuk layar yang digunakan oleh smartphone tersebut. 

Nah untuk kode rahasia sendiri setiap produsen memiliki kode yang berbeda-beda. Kode HP:
Samsung: *#0*#
HTC: *#*3424#*#
Sony: *#*#7378423#*#*

2. Cek Dead Pixel dengan Kamera

Cara yang kedua ini terbilang sangat mudah untuk dilakukan. Karena kamu bisa menggunakan kamera yang terdapat pada smartphone untuk pengecekan Dead Pixel. 

Kamu hanya perlu memotret dalam keadaan gelap total atau kamu juga bisa menutup lensa kamera degan menggunakan jari dan pastikan tidak ada cahaya yang masuk. 

Setelah itu lihat hasil pemotretan pada tempat yang gelap. Jika terdapat titik cahaya maka kemungkinan besar titik tersebut adalah Dead Pixel.

3. Cek Dead Pixel dengan Aplikasi

Untuk cara yang terakhir yaitu dengan menggunakan aplikasi Dead Pixel yang tersedia di Playstore. Aplikasi tersebut bisa secara otomatis memeriksa layar yang terdapat pada ponsel milik kamu. 

Dengan begitu kamu akan mengetahui secara lengkap ada berapa banyak Dead Pixel pada layar.

Nah itulah sedikit tips yang bisa saya berikan untuk cek dead pixel pada ponsel android. Semoga artikel ini bermanfaat untuk para pembaca dan selamat mencoba.

Rekomendasi Editor: 

Cara Cek Dead Pixel Android
Cara Cek HP Nokia Asli
Penulis Handal
Penulis Handal Masih miskin ilmu, namun masih bersemangat mencari ilmu. Masih miskin pengetahuan, namun masih bersemangat mencari pengetahuan.