Sunday, July 30, 2017

Cara Cek Daftar Tunggu Haji dengan Sangat Mudah

Penulis Handal

Cara Cek Daftar Tunggu Haji | Pemerintah melalui Kementrian Agama (Kemenag) pada tahun 2004 mulai memberlakukan mekanisme daftar tunggu berangkat haji. Hal ini diterapkan karena setiap tahun calon jemaah haji terus mengalami peningkatan dan terjadi penumpukan bahkan hingga jutaan calon jemaah. Sebelumnya tak pernah terjadi persoalan mengenai pemberangkatan jemaah haji dari Indonesia karena jumlahnya tidak sampai melampaui jatah kuota yang telah diberikan oleh pemerintah Arab Saudi yakni sebesar 250 ribu orang setiap tahunnya.

Haji

Namun semenjak diterapkannya mekanisme ini membuat daftar tunggu haji dibeberapa wilayah bisa mencapai 20 tahun. Berhaji memang salah satu rukun Islam yang wajib dikerjakan oleh setiap umat muslim yang mampu secara finansial dan fisik. Bila sudah mampu maka wajib hukumnya untuk segera menunaikan ibadah haji. Namun dengan adanya mekanisme daftar tunggu haji ini membuat perintah Allah dalam berhaji tidak bisa segera dilaksanakan. Membludaknya calon jemaah haji di Indonesia disebabkan oleh kesadaran umat mulsim untuk menjalankan rukun Islam yang ke lima yang diimbangai dengan kemampuan secara ekonomi.

Untuk tata cara pendaftaran haji sendiri pertama kali anda harus membayar setoran awal biaya haji sekitar Rp. 25 juta ke bank penerima setoran yang sudah ditunjuk. Jika sudah melunasi setoran awal biaya haji maka anda akan memperoleh bukti penyetoran awal BPIH (Biaya Penyelenggara Ibadah Haji) termasuk didalamnya juga nomer porsi pergi haji. Nomer ini sendiri terdiri dari 10 digit dan nomor porsi yang tercantum di bukti setor awal ke bank. Nomer inilah yang biasanya dikatan sebagai nomer antri pergi haji. Nomor porsi haji ini juga bisa menjadi bukti bahwa anda telah terdaftar sebagai calon jemaah haji oleh Kemenag. Dan nomor porsi ini yang harus anda ketikkan di website layanan haji Kemenag untuk mengetahui daftar tunggu haji. Untuk cara cek daftar tunggu haji anda bisa simak langkah-langkah berikut:

Cara Cek Daftar Tunggu Haji


  • 1. Buka website khusus haji yang telah disediakan oleh Kementrian Agama di www.haji.kemenag.go.id.
  • 2. Setelah website terbuka selanjutnya anda pilih menu “Basis Data” yang terletak pada kolom bagian atas website.
  • 3. Setelah itu masukkan nomor porsi yang sudah anda miliki ke kolom yang sudah tersedia.
  • 4. Yang terakhir anda tekan tombol “Cari”.

Dengan mengetahui estimasi keberangkatan haji maka anda bisa mempersiapkan segala sesuatunya lebih awal termasuk dalam pelunasan BPIH, tata cara manasik haji, dan juga perlengkapan yang harus dibawa. Sebagai calon jemaah haji anda harus sering-sering melakukan pengecekan tahun keberangkatan. Perubahan tahun keberangkatan sendiri disebabkan oleh banyak hal, diantaranya adalah pengurangan kuota karena renovasi Masjidil Haram dan juga terjadinya calon jemaah haji yang meninggal terlebih dahulu sebelum berangkat haji.
Lihat Juga : Cara Cek Nomor BPOM
Nah itulah ulasan yang bisa sampaikan mengenai cara cek daftar tunggu haji. Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda.
Daftar Artikel Pilihan Editor :
Cara Cek SK Sertifikasi Guru Cara Cek HardDisk
Cara Cek Ongkos Kirim POS Indonesia Cara Cek Bonus XL
Cara Cek BI Checking Online Cara Cek Resi JNE
Cara Cek Daftar Tunggu Haji Cara Cek Resi Elteha
Cara Cek Nomor Smartfren Cara Cek Nomor XL
Cara Cek Laptop Baru Cara Cek Kuota XL
Cara Cek Laptop Bekas Cara Cek Zippo Asli
Cara Cek Kuota IM3 Cara Cek MAC Address
Cara Cek Kuota Mentari Cara Cek Dead Pixel Android
Cara Cek Ongkir JNE Cara Cek HP Nokia Asli
Cara Cek Saldo Mandiri Cara Cek Saldo Orange TV
Cara Cek Poin Indosat Cara Cek CDI Motor
Cara Cek Resi Tiki Cara Cek Kuota Kartu As