Cara Cek BPOM Nomor dengan Mudah

Artikel terkait : Cara Cek BPOM Nomor dengan Mudah

Cara Cek BPOM | Untuk saat ini baik produk makanan ataupun minuman dalam kemasan harus mempunyai standar yang sudah ditentukan oleh pemerintah. Hal ini dilakukan karena makanan ataupun minuman dalam kemasan pada umumnya mempunyai konsentrasi zat tertentu yang mungkin bisa membahayakan kesehatan para konsumen.

Cara Cek Nomor BPOM

Oleh sebab itu setiap poduk kemasan harus mempunyai sebuah nomer registrasi dari BPOM (Badan Pengawas Obat dan Makanan). BPOM sendiri adalah sebuah badan bentukan pemerintah yang bertugas untuk mengawasi peredaran makanan, minuman dan obat-obatan serta memastikan produk-produk tersebut layak beredar dan terbebas dari bahan berbahaya.

Saat ini banyak oknum yang tidak bertanggung jawab dengan menjual berbagai produk kemasan palsu yang membahayakan bagi kesehatan. Terlebih lagi banyak dari mereka yang juga menyertakan nomer regristrasi BPOM palsu untuk lebih meyakinkan calon konsumen yang akan membeli produk mereka. Meskipun dari pihak BPOM sendiri sudah sering melakukan operasi pasar untuk mencari produk palsu, namun hingga saat ini masih banyak produk palsu yang beredar. Oleh sebab itu butuh ketelitian dari konsumen ketika hendak membeli produk olahan kemasan. Saat membeli sebuah produk kemasan maka anda harus memperhatikan terlebih dahulu nomer registrasi BPOM yang tertera pada produk tersebut untuk menghindari anda membeli produk palsu yang berbahaya bagi kesehatan anda. 

Cara Cek BPOM

Untuk lebih meyakinkan anda ketika membeli sebuah produk kemasan maka ada baiknya anda menyimak beberapa ulasan berikut tentang cara cek BPOM:

1. Mengecek Kemasan

Seperti yang sudah saya sebutkan di awal, cara mengecek kemasan adalah cara pertama yang bisa anda tempuh agar terhindar dari produk kemasan yang berbahaya. Pastikan produk tersebut mencantumkan nomer registrasi BPOM pada kemasan. Jika produk tersebut tidak mencantumkannya bisa jadi produk tersebut adalah produk kemasan yang berbahaya. Karena untuk saat ini banyak produk palsu yang juga menyertakan nomer registrasi BPOM pada kemasannya maka anda bisa coba cara yang kedua.

2. Mengecek Nomor Registrasi BPOM Lewat Internet.

Jika anda masih kurang yakin dengan nomer registrasi BPOM yang tertera pada produk kemasn, anda bisa mencoba cara yang kedua ini, yakni dengan mengecek nomer registrasinya melalui situs resmi BPOM. Untuk cara ini anda harus mengunjungi www.pom.go.id. Setelah terbuka, maka selanjutnya anda sorot menu “Daftar Produk” dan pilih “Produk Teregistrasi”. Kemudian pada kolom “Cari Berdasarkan” anda isi dengan “Nomer Registrasi”, hal ini dilakukan karena anda ingin cek melalui nomer registrasi. Selanjutnya masukkan nomer registrasi BPOM yang terdapat pada kemasan tersebut ke dalam kolom “Kata Kunci” dan yang terakhir klik tombol “Cari”. Jika nomer registrasi tersebut resmi terdaftar di BPOM maka akan muncul beberapa informasi mengenai produk tersebut.

Nomer Registrasi yang dikeluarkan oleh BPOM memiliki arti tersendiri, dimana:
TI, Obat tradisional impor
TR, Obat tradisional buatan dalam negeri
SI, Suplemen impor
SD, Suplemen buatan dalm negeri
ML, Makanan impor
MD, Makanan buatan dalam negeri
CL, Kosmetik impor
CD, komestik buatan dalam negeri
CA, kosmetik dengan tanda notifikasi
Jika sebuah produk memiliki nomer registrasi MD 150505100, maka itu artinya:
MD menandakan makanan buatan dalam negeri
15 menandakan tahun produksi
05 menandakan bulan produksi
05 menandakan produksi ke berapa dibulan tersebut
100 menandakan total produksi dalam jumlah ribuan.
Baca Juga : Cara Cek Nomor XL, Cara Cek Nomor Smartfren

Nah itulah beberapa tips yang bisa anda coba agar terhindar dari produk kemasan palsu yang banyak beredar dipasaran. Semoga artikel ini bermanfaat bagi para pembaca. Jadilah konsumen yang teliti dalam membeli sebuah produk kemasan.

Artikel Cara Cek Online Lainnya :

Copyright © 2015 Cara Cek Online .