Cara Cek Garansi Harddisk WD dan Seagate

Artikel terkait : Cara Cek Garansi Harddisk WD dan Seagate

Cara Cek Garansi Harddisk - Harddisk adalah salah satu komponen terpenting dalam sebuah komputer, harddisk sendiri berfungsi sebagai tempat penyimpan Operating Sistem (OS) dan juga sebagai tempat penyimpan file maupun program. Seringkali masalah yang muncul pada komputer ataupun laptop bersumber dari perangkat ini. Jika harddisk sudah mengalami kerusakan maka dipastikan anda tidak akan bisa menjalankan komputer ataupun laptop anda, hal itu terjadi karena Operating Sistem yang terdapat dalam harddisk yang rusak sudah tidak dapat terbaca lagi.


Ada beberapa merk harddisk yang populer saat ini, salah satunya adalah WD (Wetern Digital). Jika harddisk WD yang terdapat pada perangkat komputer ataupun laptop anda mengalami kerusakan, ada baiknya anda tidak langsung membuangnya apa lagi langsung membeli baru. Karena ada beberapa hal yang harus anda cermati pada harddisk yang rusak tersebut sebelum anda memutuskan untuk membeli yang baru.

Langkah pertama yang bisa anda lakukan adalah dengan mengecek garansi harddisk WD tersebut, siapa tahu garansi tersebut masih berlaku. Apa bila garansi tersebut masih berlaku dan anda juga masih menyimpan nota pembeliannya maka anda bisa mengklaim garansinya ke pihak distributor resmi. Untuk cek garansi sendiri ada beberapa tips yang harus anda ketahui, diantaranya adalah sebagai berikut:

Cara Cek Garansi Harddisk


1. Cek Segel Distributor Resmi Harddisk

Cara cek garansi yang pertama adalah dengan memeriksa segel dari distributor resmi harddisk WD. Untuk di Indonesia, distributor resmi harddisk Western Digital (WD) adalah PT. Astrindo Senayasa dan juga WPG C&C. Periksalah dengan seksama apakah harddisk tersebut memiliki salah satu segel dari distributor resmi, jika ada maka anda bisa mengkalim garansi tersebut ke pihak distributor resmi WD. Garansi resmi untuk harddisk WD adalah selama 2 tahun. Untuk garansi harddisk yang baru berjalan selama satu tahun maka pihak WD akan mengganti harddisk yang rusak tersebut dengan yang baru dan dengan kondisi serta syarat tertentu pastinya. Kondisi tersebut misalnya baut tidak aus, tidak ada komponen mainbord yang rusak karena terbakar, dan tentunya segel harus masih utuh. Untuk garansi yang sudah berjalan diatas satu tahun, anda hanya akn dibebaskan dari biaya tarif perbaikan saja.

2. Konfirmasi Jaminan Garansi Harddisk ke Websupport WD

Untuk cara yang kedua anda bisa cek garansi harddisk melalui websupport resmi pihak WD di http://websupport.wdc.com. Sebelum anda melakukan cara ini, pastikan ketika baru membeli harddisk WD pihak toko sudah mendaftarkan serial numbernya ke websupport. Jika tidak terdaftar maka anda tidak bisa mengklaim garansi ke pihak distributor

Setelah memastikan pihak toko sudah mendaftarakan serial number, selanjutnya anda tinggal membuka websupport dari WD. Setelah halaman terbuka anda tinggal memasukkan Serial Number (SN) yang terdapat pada harddisk di kolom yang sudah tersedia. Dengan demikian maka anda akan mengetahui masa garansi dari harddisk anda.

Nah itulah beberapa ulasan yang bisa saya sampaikan mengenai cara cek garansi harddisk terutama harddisk WD. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk anda dan selamat mencoba.

Artikel Cara Cek Online Lainnya :

Copyright © 2015 Cara Cek Online .