4+ Cara Cek BI Checking Online dengan Benar (Update)

Cara Cek BI Checking OnlineCaracekonline.net | Untuk saat ini tidak bisa dipungkiri bahwa jasa perbankan memang sangat dibutuhkan untuk memperlancar bisnis dan usaha kamu. Dengan memanfaatkan pelayanan bank secara optimal maka kamu akan bisa mendapatkan banyak kemudahan serta fasilitas untuk usaha kamu, terutama dalam pemanfaatan kartu kredit.

Kartu kredit sendiri adalah alat pembayaran sebagai pengganti uang tunai yang diterbitkan oleh bank untuk mempermudah para nasabahnya dalam melakukan transaksi perbankan dan sebagai bentuk apresiasi dengan diberikannya berbagai penawaran yang istimewa.

Jadi pada prinsipnya kartu kredit adalah kartu yang diterbitkan oleh pihak bank untuk kemudahan dan cara kerjanya sendiri diatur oleh Bank Indonesia (BI) sebagai bank sentral di Indonesia.

Untuk mendapatkan kartu kredit kamu harus mengajukan kredit terlebih dahulu ke bank. Ketika mengajukan berbagai kredit ke bank, maka ada beberapa persyaratan yang harus kamu penuhi yang akan digunakan sebagai bahan pertimbangan pihak bank sebelum akhirnya meloloskan kredit kamu.

Syarat-syarat tersebut digunakan oleh pihak bank untuk mencegah jika suatu saat terjadi kredit macet. Disamping itu pihak bank juga mempunyai berbagai macam cara untuk mengetahui kondisi finansial kamu, salah satunya adalah mengecek rekam jejak pelunasan kredit kamu sebelumnya.

Jika sebelumnya kamu pernah mengalami kredit macet maka bisa dipastikan kamu akan kesulitan untuk mengajukan kredit ke bank.

Pihak bank akan menelusuri pembayaran kredit kamu sebelumnya melalui data yang terdapat pada IDI Historis (Informasi Debitur Individual Historis) atau yang sering disebut dengan BI Checking. IDI Historis ini sendiri berisi mengenai informasi lengkap pembayaran para nasabah selama 2 tahun terakhir. Jika pada data tersebut terbukti kamu mempunyai tanggungan kredit yang belum dibayar maka pihak bank akan menolak pengajuan kredit yang kamu lakukan.

Oleh sebab itu sebelum mengajukan kredit kamu harus tahu bagaimana cara cek BI Checking untuk memastikan bahwa pengajuan kredit kamu akan diterima oleh pihak bank. Disamping itu ada beberapa manfaat yang bisa kamu dapatkan jika kamu memiliki data BI Checking yang antara lain adalah :
  1. Sebagai dokumentasi pribadi yang bisa kamu gunakan jika suatu saat dibutuhkan, karena mungkin saja nama kamu sudah digunakan oleh seseorang untuk pengajuan kartu kredit.
  2. Untuk memastikan bank apa saja yang ditemukan masalah dalam BI Checking.
  3. Untuk pengecekan out standing terkahir jika sebelumnya ada kredit yang tak terbayarkan.

Tahapan BI Checking Online

Cara Cek BI Checking Online
Img by: Freepik.com

1. Penuhi Semua Syarat Dokumen Utama

Tahapan pertama persiapkan semua dokumen pendukung BI Checking Online mulai dari fotokopi KTP, surat kuasa dengan identitas pemohon jika dikuasakan, NPWP, Akta pendirian perusahaan, perubahan AD/ART hingga identitas semua pengurus, surat kuasa asli dan identitas pengurus bila dikuasakan untuk mempermudah cara cek BI checking.

Dokumen yang dipersiapkan harus lengkap dan tidak kurang satu pun. Lalu dari sisi layanan pengecekan BI Checking secara online ini membutuhkan waktu cukup pendek sehingga semua persiapan dokumen pendukung harus lengkap.

Debitur perorangan:
  • Fotokopi identitas diri dan tkamu pengenal asli berupa KTP (untuk Warga Negara Indonesia);
  • Bagi Warga Negara Asing, fotokopi identitas diri dan bukti identitas asli berupa paspor; dan
  • Fotokopi identitas yang menyertai surat kuasa asli (jika diberi kuasa).
Debitur badan usaha:
  • NPWP
  • Akta Pendirian
  • Perubahan anggaran dasar yang memuat struktur dan yurisdiksi pengurus, serta identitas asli pengurus dan badan usaha (atau fotokopi yang dilegalisir); dan
  • Membawa surat kuasa asli, fotokopi dan identitas asli badan usaha, fotokopi dan identitas asli surat kuasa (jika diberi kuasa).

2. Mengisi Form Antri dalam cara cek BI Checking Online

Setelah semua persyaratan dokumen pendukung sudah tersedia lengkap, cara cek BI Checking Online bisa dilakukan jika Anda sudah mengisi form antrian BI Checking. Meskipun dilakukan secara online, Anda perlu mendapat layanan tatap muka. Cukup mengakses ke situs OJK lalu mengisi form antrian yang sudah tersedia.

Perhitungkan dari jam kerja untuk mengantri, kemudian pilihlah jadwal yang sesuai dengan waktu luang Anda. Dari sinilah Anda harus menunggu panggilan untuk mengetahui sisa kuota antrian dan pemilihan jam.

3. Tunggu Hasil Verifikasi Data Rampung

Jika sudah melewati proses verifikasi data, langkah berikutnya hanya menghubungi menggunakan WhatsApp OJK SLIK yang sudah tersedia di dalam email agar proses verifikasi data dilakukan dalam waktu cepat. Cara cek BI checking online memang perlu verifikasi data, sehingga prosesnya tidak terlalu memakan waktu.

Mencermati semua isi email adalah hal penting yang saat ini dibutuhkan agar tidak terjadi kesalahan informasi. Rata-rata verifikasi data tidak membutuhkan waktu lama, karena dari pihak OJK sendiri melakukan beberapa validasi lebih cepat.

4. Tunggu Email Masuk

Ketentuan dari pengecekan semua verifikasi email semakin mudah diakses dengan layanan email dari OJK. Ada pengiriman data informasi debitur SLIK menggunakan email yang nantinya bisa Anda analisa sendiri. Cara cek BI checking online tidaklah sulit, sehingga menjadi modal kuat untuk merangkai semua tahapannya.
Sementara untuk cara cek BI Checking sendiri bisa kamu lakukan secara online. Untuk lebih lengkapnya silahkan simak langkah-langkah berikut ini:
  • Langkah awal, kamu harus kunjungi website https://konsumen.ojk.go.id/MinisiteDPLK/registrasi.
  • Isikan data diri kamu, mulai dari Jenis Pemohon, Tgl Layanan, Kantor OJK, dan Pilih waktu Antrian.
  • Setelah semua terisi, langsung saja klik tombol Lanjut.
  • Ikuti prosesnya hingga selesai. 
  • Tunggu hingga kamu mendapatkan balasan email. Biasanya email balasan akan masuk 4-7 hari.
Beberapa cara cek BI checking online di atas bisa Anda terapkan kemudian dari semua persyaratan dokumen ataupun hal penting lainnya harus tersedia secara lengkap untuk mempermudah semua prosesnya.

Mungkin cukup itu saja ulasan yang bisa saya berikan mengenai cara cek BI checking online. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kamu.

Penulis Handal
Penulis Handal Masih miskin ilmu, namun masih bersemangat mencari ilmu. Masih miskin pengetahuan, namun masih bersemangat mencari pengetahuan.