6+ Cara Cek Saldo Mandiri dengan Benar (Update)

Caracekonline.net | Apakah kamu saat ini sedang terfikirkan atau mencari cara cek saldo Mandiri dengan beragam pilihan metode yang sangat mudah? Keberadaan bank bagi masyarakat semakin penting terutama untuk pedagang online. 

Para pedagang online sangat membutuhkan berbagai fasilitas bank untuk menunjang bisnisnya, terutama untuk transfer dan pengecekan saldo. 

Untuk para pedagang online, melakukan pengecekan saldo merupakan hal yang sangat penting untuk mengetahui apakah para pembelinya sudah melakukan pembayaran ataukah belum. 

Saat ini semua bank sudah memiliki fasilitas untuk melakukan pengecekan saldo dengan cara yang mudah, terutama bank Mandiri.

Bank Mandiri adalah sebuah bank lokal Indonesia yang sudah berdiri sejak tahun 1998. Pendirian Bank Mandiri merupakan hasil dari peleburan 4 bank lokal milik pemerintah yakni Bank Bumi Daya, Bank Pembangunan Indonesia, Bank Dagang Negara, dan Bank Ekspor Impor Indonesia. Kini Bank Mandiri menjelma menjadi salah satu bank terbesar di Indonesai dengan jumlah nasabah yang sangat besar.

Demi kenyamanan para nasabah, bank Mandiri selalu memberikan pelayanan yang memuaskan dan menyediakan fasilitas untuk memudahkan para nasabahnya dalam melakukan aktifitas perbankan, terutama untuk urusan pengecekan saldo. 

Pihak bank sendiri sudah menyiapkan beberapa fasilitas untuk pengecekan saldo tentunya dengan cara yang sangat mudah. Namun ternyata tidak semua nasabah mengetahui kemudahan fasilitas untuk pengecekan saldo yang sudah diberikan oleh pihak bank.

Bagi kamu pengguna baru Bank Mandiri, mungkin masih tak terlalu paham dengan berbagai cara bertransaksi finansial maupun non finansial, salah satunya pengecekan saldo. Namun, dalam artikel kali ini akan sedikit dibahas mengenai tutorial pengecekan saldo bank lokal tersebut.

Untuk itu saya sebagai penulis akan mencoba untuk memberikan tips tentang cara-cara pengecekan saldo bank Mandiri. Untuk mengetahuinya silahkan simak ulasan berikut ini.

Cara Cek Saldo Bank Mandiri

Cara Cek Saldo Mandiri
Img by: Freepik.com

Sama seperti halnya bank lain, Bank Mandiri juga memiliki 3 metode mudah untuk mengecek saldo. Mulai dari via SMS, via aplikasi Mandiri Online hingga via website resminya. Mari kita bahas satu per satu dan menemukan mana yang paling cocok untuk kamu.

Cek Saldo Mandiri Secara Manual 

Untuk cara yang pertama ini tergolong ribet, karena kamu harus ke kantor cabang bank Mandiri terdekat untuk melakukan pengecekan saldo.

Disamping itu kamu juga harus membawa beberapa persyaratan seperti buku tabungan dan kartu identitas kamu.

Untuk pengecekan saldo sendiri kamu tinggal menyerahkan buku tabungan dan identitas ke teller, setelah itu kamu akan mengetahui jumlah saldo kamu.

Cek Saldo Mandiri Melalui SMS

Cara ini merupakan cara termudah untuk melakukan pengecekan saldo. Namun sama seperti cara sebelumnya kamu juga harus melakukan registrasi dahulu dengan mendaftarkan nomer ponsel kamu untuk SMS Banking melalui ATM.

Pengecekan via SMS ini termasuk yang paling mudah dan paling singkat. Karena kamu hanya perlu mengirim SMS ke nomor 3355 dengan format SAL(spasi)indeks rekening(spasi)4 digit terakhir nomor rekening (Contoh: SAL 1 7634) kemudian kirim ke nomor 3355. Setelahnya tinggal tunggu konfirmasi hasil dari pihak bank tersebut.

Cek Saldo Mandiri via Dial Up

Masih sama seperti SMS, cara cek saldo Mandiri selanjutnya bisa dilakukan melalui dial up menu UMB dengan langkah berikut:
  • Buka menu Telepon.
  • Ketik *141*6# lanjutkan dengan menekan tombol Panggil.
  • Maka langsung muncul beberapa menu pilihan. Karena kamu ingin mengetahui sisa saldo rekening Mandiri kamu maka pilih saja menu Info Saldo.
  • Sesuaikan saja menu dengan nomornya sesuai kebutuhanmu.
  • Saldo akan langsung tampil.

Cek Saldo Mandiri Melalui ATM

Untuk cara yang selanjutnya, lebih mudah dari yang sebelumnya, karena kamu bisa mengunjungi mesin ATM Mandiri terdekat untuk melakukan pengecekan saldo. ATM Mandiri juga banyak tersebar di minimarket dan mall.

Untuk cek saldo lewat ATM pada tahap pertama adalah kamu harus memasukkan kartu ATM ke slot yang tersedia kemudian masukkan pin lanjutkan dengan pilih “Transaksi Lainnya” kemudian setelah itu pilih menu “Informasi Saldo” dan yang terakhir kamu pilih menu “Cek Saldo”. Maka pada layar akan tertera jumlah saldo rekening kamu.

Cek Saldo Mandiri Melalui Web Internet Banking

Via website resmi itu artinya kamu harus sudah terdaftar di layanan internet banking. Sementara untuk mengaktifkan layanan ini kamu mesti pergi ke kantor cabang dan meminta bantuan petugas.

Jika sudah mendaftar, maka kamu bisa langsung akses website resmi internet banking Mandiri pada browser kamu. Tinggal masukkan username juga password, kamu bisa mengakses semua informasi yang dibutuhkan terkait rekening kamu. Langkah selanjutnya pilih menu “Informasi Rekening” > "Cek Saldo" untuk mengetahui sisa saldo kepunyaan kamu.

Cek Saldo Mandiri via Mobile Banking (M-Banking) Mandiri

Menggunakan mobile banking bisa dibilang salah satu cara paling mudah, tapi kamu harus daftar layanan tersebut lebih dulu sebelum memakainya. Namun, bila memang sudah terdaftar kamu tinggal melakukan installasi terhadap aplikasi Mandiri Online.

Jika sudah install, maka lakukan registrasi dulu agar bisa mengakses aplikasinya. Nah, setelahnya kamu bisa mengakses dan mengecek saldo kamu menggunakan beberapa menu yang ada pada aplikasi satu ini. Langkah-langkahnya:
  • Pastikan dulu nomor hp kamu sudah terdaftar pada layanan SMS Banking dan Mobile Banking.
  • Setelah benar-benar terdaftar, langsung saja download dan install dulu aplikasi Mandiri Mobile di Google Play atau App Store.
  • Usai aplikasi terinstall, langsung saja buka aplikasi Mandiri Mobile tersebut.
  • Login jika kamu belum masuk menggunakan akun kamu.
  • Pilih dan tekan saja menu Informasi Akun. Saldo kamu akan tampil dibagian menu tersebut.
Melakukan pengecekan sisa saldo memang hal yang lumrah agar tidak terjadi hal-hal yang diinginkan. Apalagi untuk kamu yang memiliki bisnis online, harus memastikan bahwa kamu sudah menggunakan internet maupun SMS banking.

Nah itulah sedikit ulasan dari saya mengenai cara cek saldo bank Mandiri dari cara yang sulit sampai dengan cara yang paling mudah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Artikel Terkait :

Cara Cek Saldo BCA
Penulis Handal
Penulis Handal Masih miskin ilmu, namun masih bersemangat mencari ilmu. Masih miskin pengetahuan, namun masih bersemangat mencari pengetahuan.