Cara Cek Nomor Smartfren yang Benar [3 METODE]

caracekonline.net | Easy To Access, Ini dia beberapa cara cek nomor Smartfren yang mudah dan terbilang non ribet. Mungkin ini merupakan cara yang paling banyak dicari oleh para pengguna kartu Smartfren di situs Internet, kebanyakan mereka lupa dengan nomor Smartfrennya sendiri. 

Mungkin saja mereka lupa karena mereka terlalu sering ganti-ganti kartu mengingat semakin murahnya harga kartu perdana saat ini atau bahkan mereka lupa karena mereka memiliki lebih dari satu kartu Smartfren.

Mengingat semakin banyaknya para pengguna Smartfren saat ini, maka disini saya akan mencoba untuk menjelaskan tentang cara cek nomor kartu Smartfren anda sendiri.

Mengenai cara cek nomor Smartfren sebenarnya telah ada di dalam kemasan ketika kita baru saja membeli kartu perdana. Namun kebanyakan orang tidak pernah membacanya dan langsung membuang kemasan kartu perdana tersebut ke tempat sampah.

Meskipun sebenarnya di dalam kemasan tersebut banyak memuat nomor penting, entah itu nomor PIN (Personal Identity Number) kartu, PUK (Personal Unbloking Key), nomor untuk mengecek pulsa dan masa aktif, atau bahkan cara-cara untuk mengaktifkan semua fitur dan layanan Smartfren sudah tertera di dalam kemasan kartu perdana tersebut. 

Namun apabila kemasan kartu perdana tersebut terlanjur anda buang dan anda lupa dengan nomor Smartfren anda sendri, anda tidak perlu merasa khawatir karena di ulasan saya selanjutnya akan membahas tentang cara cek nomor Smartfren dari handphone anda sendri.

Cara Cek Nomor Smartfren

Img by: Freepik.com

Ada beberapa cara untuk cek nomor kartu Smartfren anda, dan saya akan menjelaskannya satu persatu. Caranya adalah sebagai berikut:

Metode 1. Cek Nomor Smartfren via *123#

Metode paling utama yang sering digunakan untuk melakukan pengecekan nomor Smartfren sendiri adalah dengan menggunakan kode dial *123#. Bingung bagaimana melakukannya? Simak dan ikuti saja langkah-langkahnya berikut ini.

Langkah 1. Siapkan Kartu Smartfren


Yang paling utama dan penting adalah memastikan kamu pengguna Smartfren, dan sudah menyiapkan kartu Smartfren lalu telah memasang kartunya di ponsel/HP/Smartphone yang kamu pakai saat ini.

Langkah 2. Hidupkan HP


Tentu, setelah kamu memasang kartu Smartfren ke dalam HP pastinya harus menghidupkan ponsel dulu agar siap digunakan ya!

PENTING: Pastikan Jaringan VoLTE di HP mu ada. Jika tidak ada, bisa tap Pengaturan » Kartu SIM & jaringan seluler » VoLTE diaktifkan

Langkah 3. Buka menu Telepon


Untuk mengawali langkah pengecekan, kamu bisa langsung buka menu Telepon atau Panggilan

Langkah 4. Ketik Angka *123#


Nah untuk mengecek nomor Smartfren, ketik angka *123# lalu dilanjutkan dengan menekan tombol Panggil. Perlu diingat, ketika memencet tombol Panggil, kamu harus sesuaikan kartu Smartfren kamu di SIM 1 atau SIM 2.

Langkah 5. Pilih Top Up dan In


Setelah muncul menu baru, ketik angka 9 untuk Top Up dan In. Lalu pencet Kirim.

Langkah 6. Cek Nomor Smartfren Sendiri


Terakhir, akan muncul menu baru yang mana juga menyertakan informasi nomor HP Smartfren sendiri yang digunakan saat ini.

Metode 2. Cek Nomor Smartfren via *999#

Masih sama seperti metode pertama tadi, ada cara lain untuk mengecek nomor Smartfren. Yakni dengan menghubungi kode dial *999# langsung dari HPmu. Adapun langkah-langkah untuk melakukannya:

Langkah 1. Buka menu Telepon/Panggilan


Langkah awal, tentu kamu harus siapkan HP kemudian langsung buka menu Telepon. Di beberapa HP ada yang namanya berbeda yakni menu Panggilan. Namun, secara fungsi sama kok. Intinya, ikon Telepon.

Langkah 2. Ketik *999#


Setelah menu Telepon terbuka, langsung ketik dan masukkan angka *999# dilanjutkan dengan menekan tombol Panggil. Nah, jika kamu pakai 2 kartu dalam 1 HP, maka sesuaikan dengan letak kartu Smartfren berada di SIM 1 atau SIM 2 ya!

Langkah 3. Cek Nomor Smartfren Berhasil


Tunggu beberapa saat, hingga muncul menu baru yang mana juga berisikan informasi mengenai nomor Smartfren yang kamu pakai saat ini. Jadi, kamu sudah bisa mengecek nomor Smartfren sendiri dengan benar sekarang.

Kenapa Tidak Bisa Cek Nomor Smartfren? Ini Jawabannya

Sedang mengalami gagal kode MMI saat pengecekan nomor Smartfren yang prosesnya tiba-tiba lama? 

Salah satu penyebab kegagalan saat cek nomor kartu Smartfren tersebut biasanya ada di jaringan VoLTE. Nah, jadi jika kamu ingin mengecek nomor Smartfren pastikan dulu ada jaringan VoLTE-nya ya!

Cara Mengatasi:
  • Buka menu Pengaturan atau Setelan
  • Pilih Kartu SIM & jaringan seluler
  • Tap VoLTE diaktifkan, geser tombol sebelahnya untuk mengaktifkan fiturnya.
  • Cek Panel Notifikasi, jika sudah muncul logo/icon VoLTE maka kamu siap untuk melanjutkan cek nomor Smartfren.

Metode 3. Cek Nomor Smartfren Via Apps Resmi MySmartfren

Metode lain, kamu juga bisa mengecek nomor Smartfren sendiri melalui aplikasi resmi mySmartfren. Gimana caranya? Simak dan ikuti langkah-langkah berikut.
  • Download dulu aplikasi mySF lewat Google Play (untuk pengguna android) atau lewat App Store (untuk pengguna iPhone).
  • Setelah terdownload, buka dan jalankan aplikasi mySmartfren
  • Daftar dan buat akun di aplikasi mySmartfren
  • Login ke aplikasi mySmartfren
  • Setelah Login, kamu akan langsung melihat informasi nomor Smartfren sendiri yang kamu pakai saat ini.
  • Jika tidak ada, biasanya info nomor Smartfren berada di bagian menu Profil ya.
Nah mungkin hanya itu saja yang dapat kami sajikan mengenai berbagai macam cara mengecek nomor Smartfren sendiri yang benar dan masih work di tahun ini ya. Sampai jumpa di next artikel teman-teman.
Penulis Handal
Penulis Handal Masih miskin ilmu, namun masih bersemangat mencari ilmu. Masih miskin pengetahuan, namun masih bersemangat mencari pengetahuan.