4+ Cara Cek Masa Aktif Kartu 3 (Three) Paling Update

Cara Cek Masa Aktif Kartu 3Caracekonline.net | Perusahaan telekomunikasi 3 (Tri), menjadi salah satu provider populer di Indonesia mengingat produknya dijual dengan harga yang lebih terjangkau dan pelayanan yang juga setara bagusnya dengan provider lain sekelas Indosat, XL dan Telkomsel.

Perusahaan telekomunikasi 3 ini dimiliki oleh Hutchison Whampoa yakni sebuah perusahaan asal Hong Kong yang bergerak dibidang Manufuktur. Perusahaan ini memiliki saham terbanyak untuk produk provider 3.

Meskipun di Indonesia masih belum selaris brand Indosat, XL dan Telkomsel, kenyataanya Tri diklaim telah menyediakan teknologi 3G serta mementingkan layanan "multimedia bergerak" untuk perangkat mobile.

Jaringan 3 sudah lebih dahulu hadir di berbagai negara, diantaranya adalah di Australia, Austria, Britania Raya, Denmark, Irlandia, Hong Kong, Indonesia, Italia, serta Swedia.

Sejarah singkatnya di Indonesia, lisensi 3G pada provider 3 ini telah diperolehi sejak tahun 2004. Tetapi pada masa itu perusahaan ini masih menggunakan nama Cyber Access Communication, Lagipula untuk layanan jaringan 3G baru mulai diluncurkan pada 29 Maret 2007 itupun hanya tercakup pada wilayah jangkauan terbatas untuk Jakarta saja.

Bagi Anda yang ingin menggunakan provider 3, saat ini jaringannya sudah tersebar luas ke berbagai daerah di Indonesia. Layanan jaringan yang cepat dan juga stabil ditawarkan oleh provider ini.

Lalu yang menjadi pertanyaan adalah bagaimana cara pengecekan masa aktif kartu 3? Beberapa dari Anda mungkin belum mengetahuinya. Padahal caranya cukup mudah, berikut triknya:

Cara Cek Masa Aktif Kartu 3

Img by: Freepik.com

Ada beberapa pilihan metode bagaimana cara melakukan pengecekan masa aktif kartu 3 (tri) kamu, diantaranya:

1. Cek Masa Aktif Kartu 3 Pakai Dial Up

Cara cek masa aktif kartu 3 paling mudah adalah dengan memanfaatkan fitur UMB atau dial-up. Jika tidak ingin ribet, maka langsung masukkan kode *111# lalu tekan tombol OK atau YES. 

Dengan begitu, panggilan langsung akan diarahkan ke menu untuk cek pulsa berikut masa aktif kartu. Namun, jika ingin mengetahui sisa kuota juga, maka ikuti langkah berikut:
  • Masukkan kode *111#, tekan tombol Panggil atau Call atau icon Telepon.
  • Masukkan pilihan nomor 1. Kuota dan Data Reguler.
  • Muncul beberapa pilihan dan pilih 1 untuk Cek Kuota.
  • Selanjutnya pilih 2 untuk Kuota Data.
  • Terakhir pilih 4 untuk cek kuota.
Tunggu permintaan diproses sampai muncul pemberitahuan sisa kuota dan masa aktif kartu melalui SMS.

2. Cek Masa Aktif Kartu 3 Pakai SMS

Saat jaringan sedang sibuk, biasanya tidak bisa digunakan untuk melakukan panggilan. Jangan bingung, karena cara cek masa aktif kartu 3 juga bisa dilakukan melalui fitur SMS. 

Tenang, cara yang satu ini tidak akan mengurangi pulsa reguler karena gratis. Berikut format pengecekan yang bisa diikuti:
  • Buka menu SMS atau Pesan yang ada pada ponsel.
  • Ketik format INFO (spasi) DATA.
  • Kirimkan ke nomor 234.
  • Tunggu sampai ada SMS balasan dari operator tentang info sisa pulsa, kuota internet, dan masa aktif kartu.

3. Cek Masa Aktif Kartu Tri Pakai Aplikasi BimaTri

Jika kedua langkah di atas masih dianggap ribet, maka lakukan pengecekan menggunakan aplikasi BimaTri. 

Tak hanya praktis, cara cek masa aktif kartu 3 yang satu ini juga bisa diakses kapanpun. Sebab, kaum milenial pasti selalu punya kuota, bukan? Berikut panduan pengecekan yang bisa diterapkan:
  • Unduh aplikasi BimaTri secara resmi melalui Playstore
  • Ikuti panduan yang tertera untuk melakukan pendaftaran nomor dan identitas diri.
  • Setelah pendaftaran disetujui, buka aplikasi.
  • Masuklah ke menu Profil.
Di dalam menu ini akan terpampang secara jelas tentang nomor, sisa pula, masa aktif, sisa kuota, dan lain-lain. 

4. Cek Masa Aktif Kartu 3 Lewat Modem

Untuk pengecekan menggunakan modem yang terpasang pada komputer maupun laptop juga sama. Anda tinggal masuk ke program/software modem, kemudian masuk ke menu USSD dan langsung saja ketik kode *111# lalu Send. Anda akan memperoleh informasi yang lebih lengkap baik itu pulsa sisa dan keterangan masa aktif kartu Anda.

Jadi bagaimana? Sudah paham bukan cara mengetahui masa aktif kartu 3? 

Diantara ketiga pilihan metode diatas, menurut kami cara yang paling mudah untuk mengecek masa aktif kartu tri adalah dengan membuka ponsel Anda yang didalamnya terdapat kartu provider 3 (Tri), kemudian langsung saja ketik *111#. Lalu langsung saja kamu tekan tombol Panggil Call

Nantinya akan muncul informasi yakni berupa keterangan berapa sisa pulsa yang Anda miliki dan dibawahnya akan muncul keterangan sampai kapan masa aktif kartu 3 Anda. 

Sangat mudah, bukan? Tak hanya cara cek masa aktif kartu 3, aplikasi BimaTri juga menyediakan beragam layanan lain yang sangat membantu pelanggan. Pastikan saja, jaringan internet stabil agar proses pengecekan tidak mengalami kendala.

Sebagai pengetahuan bagi Anda bahwa Hutchison 3 Indonesia saat ini termasuk sebagai layanan operator terbesar. 3 menempati di posisi keempat sebagai operator terbesar yang dinilai berdasarkan dari jumlah pelanggan. Tentunya masih dibawah Telkomsel, XL dan Indosat.

Terhitung pada 30 Juni 2012, Hutchison 3 mencatatkan bahwa mereka sudah memiliki 21 juta pelanggan serta menguasai pangsa pasar mencapai 10% dari jumlah total. Mungkin karena jaringan 3 yang belum sampai menyeluruh ke pelosok.

Penulis Handal
Penulis Handal Masih miskin ilmu, namun masih bersemangat mencari ilmu. Masih miskin pengetahuan, namun masih bersemangat mencari pengetahuan.